Tanya pembaca: Cara Mengatasi Siswa Yang Membolos Sekolah?

Apakah membolos termasuk kenakalan remaja?

Membolos disebut kenakalan remaja karena membolos merupakan perilaku yang mencerminkan pelanggaran siswa dalam aturan yang sudah ditentukan sekolah. Membolos adalah salah satu perilaku menyimpang yang sangat populer dikalangan pelajar baik di sekolah dasar atau di tingkat menengah dan tingkat menengah atas.

Apakah yang terjadi jika siswa membolos?

Dampak yang ditimbulkan oleh siswa yang melakukan membolos diantaranya: ketinggalan materi pelajarannya, nilai ulangan tidak sesuai harapan, gagal dalam ujian, tidak naik kelas, dikeluarkan dari sekolah dan akan menimbulkan banyak masalah lain yang akan merugikan dirinya.

Kenapa siswa sering bolos?

Berdasarkaurvei, ada banyak faktor yang menyebabkan siswa bolos sekolah, salah satunya karena mereka tidak mau mengikuti mata pelajaran tertentu yang tidak disukainya, atau karena tidak suka pada salah satu guru, atau membolos karena diajak/mengikuti teman. Ia mematikan kreatifitas siswa.

Apa yang kamu ketahui tentang perilaku membolos?

Membolos dapat diartikan sebagai perilaku siswa yang tidak masuk sekolah dengan alasan yang tidak tepat, atau membolos juga dapat dikatakan sebagai ketidakhadiran siswa tanpa adanya suatu alasan yang jelas.

Bagaimana cara guru mengatasi siswa yang sering bolos?

Menurut (Awak, 2014) Untuk mengantisipasi siswa bolos belajar, ada beberapa alternatif upaya yang perlu dilakukan oleh guru:

  1. Sajikan materi pelajaran secara menarik dan menyenangkan.
  2. Ciptakan suasana komunikasi harmonis dengan siswa.
  3. Kuasai seisi ruang kelas dengan cermat.
  4. Atur siswa yang minta izin meninggalkan kelas.
You might be interested:  FAQ: Bagaimana Cara Untuk Menumbuhkan Semangat Kerjasama Di Lingkungan Sekolah?

Apa yang dimaksud dengan membolos?

Membolos adalah jenis perilaku yang dilakukan siswa sehingga menarik perhatian orang tua, pendidik, masyarakat, dan kementerian pendidikan (Ishak& Fin, 2013: 1229). Menurut Indayani (dalam Muin, 2015: 96) membolos dapat diartikan sebagai perilaku siswa yang tidak masuk sekolah tanpa keterangan yang jelas.

Apa penyebab siswa membolos?

Kesimpulan yang diambil dalam penelitian adalah secara umum faktor-faktor penyebab siswa membolos, yaitu lingkungan dan hubungan kelu- arga, diri sendiri, sekolah dan lingkungan sekolah, tekanan kelompok teman sebaya, pengaruh media dan fasilitas rekreasi memberikan kontribusi dalam hal siswa membolos.

Apa yang dimaksud dengan bolos sekolah?

Bolos adalah pergi meninggalkan sekolah tanpa sepengetahuan pihak sekolah. Berdasarkan uraian di atas, dapat disimpulkan bahwa perilaku bolos adalah perilaku siswa yang tidak masuk sekolah atau tidak mengikuti pelajaran tanpa alasan atau dengan alasan yang tidak bisa dipertanggung jawabkan.

Apa yang kamu ketahui tentang kenakalan remaja?

Kenakalan remaja adalah wujud dari konflik yang tidak terselesaikan dengan baik pada masa kanak-kanak maupun pada saat remaja. Kenakalan remaja adalah pelampiasan masalah yang dihadapi oleh kalangan remaja yang tindakannya menyimpang.

Bidang masalah apa saja yang ditangani BK?

Berikut ini ada beberapa masalah yang dialami oleh para remaja di sekolah menengah, antara lain:

  • Masalah emosi.
  • Masalah penyesuaian diri.
  • Masalah perilaku seksual.
  • Masalah perilaku sosial.
  • Masalah moral.
  • Masalah keluarga.