Sering ditanyakan: Apa Yang Dimaksud Rayon Sekolah?

Bagaimana cara kerja sistem zonasi?

Sistem zonasi akan mengutamakan penerimaan siswa berdasarkan jarak atau radius lokasi rumah siswa dengan sekolah. Apabila jarak rumah siswa dekat dari sekolah, ia berhak memperoleh layanan pendidikan dari sekolah. Siswa memiliki hak untuk bersekolah dengan jarak yang dekat.

Apa yg dimaksud dengan jalur zonasi?

Sedangkan jalur zonasi adalah jalur pendaftaran PPDB yang diperuntukkan bagi anak-anak yang berdomisili di dalam wilayah zonasi yang telah ditetapkan dengan memperhatikan: Sebaran sekolah. Data sebaran domisili calon peserta didik.

Apakah 2021 masih zonasi?

Melansir laman Kemendikbud, PPDB 2021 untuk SD, SMP, dan SMA dilaksanakan melalui beberapa jalur yakni zonasi, afirmasi, perpindahan tugas orang tua atau wali dan melalui jalur prestasi.

Apa yg dimaksud zonasi?

Pengertian “ zonasi ” dimaknai sebagai pembagian atau pemecahan suatu areal menjadi beberapa bagian, sesuai dengan fungsi dan tujuan pengelolaan (Kamus Besar Bahasa Indonesia).

Bagaimana sistem zonasi PPDB?

Dalam pelaksanaan PPDB jalur zonasi, sekolah akan memprioritaskan peserta didik yang memiliki kartu keluarga atau surat keterangan domisili dalam 1 wilayah kabupaten/kota yang sama dengan sekolah asal. Prinsip dasar dalam jalur zonasi adalah mendekatkan domisili peserta didik dengan sekolah.

You might be interested:  FAQ: Apa Yang Dimaksud Dengan Sekolah Adiwiyata Mandiri?

Apa yang dimaksud jalur zonasi PPDB?

Seleksi jalur zonasi adalah Jalur pendaftaran bagi anak-anak yang berdomisili di dalam wilayah zonasi yang telah ditetapkan dengan memperhatikan sebaran sekolah, data sebaran domisili calon peserta didik dan kapasitas daya tampung sekolah yang disesuaikan dengan ketersediaan jumlah anak usia sekolah pada setiap jenjang

Apa itu jalur zonasi sekolah?

Zonasi dan Penerimaan Peserta Didik Baru Disebut sebagai jalur utama PPDB, zonasi adalah jalur penerimaan calon peserta didik baru dengan kuota yang terbesar. Artinya, Sobat Pintar yang berdomisili dalam zonasi sekolah berhak atas kuota peserta didik baru sebesar 50% tersebut.

Jalur zonasi untuk apa?

Jalur zonasi diperuntukkan bagi calon peserta didik baru (CPDB) yang berdomisili di wilayah zonasi yang telah ditetapkan dengan memperhatikan sebaran sekolah, kapasitas daya tampung sekolah, hingga data sebaran domisili CPDB.

Berapa sekolah yang bisa dipilih di PPDB 2021?

Pendaftaran dan pemilihan sekolah Maksimal 3 sekolah untuk jenjang SMP, sesuai daftar zona sekolah yang telah ditetapkan. Maksimal 3 peminatan untuk jenjang SMA. Pilihan 3 peminatan dapat dipilih pada 1 sekolah atau ada sekolah yang berbeda, sesuai daftar zona sekolah yang telah ditetapkan.

Apakah PPDB 2021 pakai nilai?

Aturan Baru PPDB 2021 Aturan ini berlaku untuk jenjang SD hingga SMK. Jalur prestasi SMP, SMA & SMK tidak lagi menggunakan nilai Ujian Nasional (UN), tapi diganti dengan nilai rapor yang dilampirkan surat keterangan peringkat rapordari sekolah asal.

Kapan Penerimaan Peserta Didik Baru 2021?

Tahap pendaftaran, seleksi, dan pengumuman untuk tingkat SMP, SMA, dan SMK pada 7 – 30 Juni 2021 dan tahap lapor diri dilaksanakan pada 1– 2 Juli 2021. Untuk tingkat sekolah dasar pendaftaran, seleksi, pengumuman dilaksanakan pada 7-23 Juni 2021 dan lapor diri 24-25 Juni 2021.

You might be interested:  Tanya pembaca: Jumlah Sekolah Yang Ada Di Indonesia?

Berapa persen zonasi SMA 2021?

Jakarta (ANTARA) – Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) mengemukakan persentase jalur zonasi untuk jenjang SMP dan SMA pada Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2021 minimal 50 persen dari daya tampung.

Apakah zonasi menggunakan nilai?

Jalur Zonasi tidak boleh menggunakan nilai Ujian Nasional. Untuk jalur ini kriteria seleksi dapat menggunakan nilai Ujian Nasional. Sehingga tidak ada yang bertentangan dengan PP tersebut.

Berapa persen jalur zonasi?

Kemendikbudristek: PPDB Jalur Zonasi SMP-SMA 50 Persen.