Pertanyaan: Apa Itu Sekolah Mts?

Apa bedanya SMP dan MTs?

Madrasah Tsanawiyah ( MTs ) adalah tingkat pendidikan yang sederajat dengan SMP (Sekolah Menengah Pertama). Keduanya merupakan pendidikan setelah tingkat dasar. Perbedaan utama dalam pengajaran MTs dan SMP adalah adanya mata pelajaran tambahan di MTs berupa pendidikan Agama Islam tambahan, yaitu: Sejarah Kebudayaan Islam.

MTs itu sama dengan apa?

Madrasah Tsanawiyah yang selanjutnya disingkat MTs adalah satuan pendidikan formal yang menyelenggarakan pendidikan umum dengan kekhasan agama Islam yang terdiri dari 3 (tiga) tingkat pada jenjang pendidikan dasar sebagai lanjutan dari Sekolah Dasar, MI, atau bentuk lain yang sederajat, diakui sama atau setara Sekolah

Apa saja pelajaran MTs?

Struktur Kurikulum

  • Al-Qur’an Hadist.
  • Akidah Akhlak.
  • Fiqih.
  • Sejarah Kebudayaan Islam (SKI)
  • Pendidikan Kewarganegaraan.
  • Bahasa Indonesia.
  • Bahasa Arab.
  • Matematika.

Mengapa harus sekolah di Madrasah Aliyah?

Memiliki Lingkup Pergaulan Yang Lebih Islami, anak memiliki pergaulan dan akhlak yang baik sesuai aturan agama. Melalui Madrasah akan membantu mendidik anak memiliki akhlak yang sesuai tuntunan Al-qur’an dan sunnah Rasul.

Apa perbedaan antara SMA dan SMK?

Sekolah Menengah Atas ( SMA ): Mengutamakan teori, agar rata-rata lulusan mendapatkan nilai ujian dan pengetahuan yang baik dan memuaskan. SMK (Sekolah Menengah Kejuruan): Mengutamakan praktik vokasi, sehingga rata-rata lulusan sudah memiliki keahlian di suatu bidang.

You might be interested:  Sekolah Kedinasan Yang Masih Buka Pendaftaran 2017?

Apa perbedaan sekolah negeri dan swasta?

Sekolah Negeri tentunya dimiliki dan dibiayai sepenuhnya oleh negara atau pemerintah pusat ataupun daerah. Sementara sekolah swasta sepenuhnya dimiliki dan dibiayai oleh perorangan ataupun yayasan.

Madrasah Diniyah setara dengan apa?

Santri yang selama ini belajar di madrasah diniyah pondok pesantren akan setara dengan sekolah formal pada umumnya seperti SD, SMP, SMA/SMK.

Apakah Madrasah Aliyah setara dengan SMA?

Madrasah aliyah (disingkat MA ) yaitu jenjang pendidikan menengah pada pendidikan formal di Indonesia, setara dengan sekolah menengah atas, yang pengelolaannya diterapkan oleh Kementerian Agama. Pendidikan madrasah aliyah ditempuh dalam waktu 3 tahun, mulai dari kelas 10 sampai kelas 12.

Apa itu tsanawiyah dan aliyah?

Madrasah Ibtidaiyah (MI) setara dengan Sekolah Dasar (SD), Madrasah Tsanawiyah (MTs) setara dengan Sekolah Menengah Pertama (SMP), dan Madrasah Aliyah (MA) setara dengan Sekolah Menengah Atas (SMA).

Kenapa harus memilih madrasah?

Madrasah mengintegrasikan dua kurikulum sekaligus yaitu kurikulum dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, dan Kurikulum dari Kementerian Agama. Artinya, madrasah memberikan materi pelajaran umum layaknya sekolah lainnya, juga memberikan penguatan materi pelajaran agama dibanding sekolah lainnya.

Mengapa kita memilih sekolah Islam?

Salah satu alasan yang penting dari memilih sekolah berbasis Islami adalah adanya pelatihan tingkah laku dan budi pekerti menurut tuntunan agama. Sejak masuk ke gerbang sekolah sampai nantinya pulang sekolah, anak-anakdilatih untuk berlaku sesuai tuntunan agama.

Apa tujuan masuk sekolah?

Tujuan sekolah yang pertama adalah guna menambah ilmu pengetahuan. Beragam ilmu akan didapatkan ketika kita bersekolah. Dengan dibimbing oleh tenaga pengajar atau pendidik yang biasa disebut guru, kita akan mengetahui berbagai hal baru yang pada nantinya akan membuat wawasan kita semakin luas.