Jawaban Cepat: Mulo Merupakan Sekolah Belanda Yang Setingkat Dengan?

Sekolah MULO setingkat apa?

MULO (singkatan dari bahasa Belanda: Meer Uitgebreid Lager Onderwijs) adalah Sekolah Menengah Pertama pada zaman pemerintah kolonial Belanda di Indonesia. Meer Uitgebreid Lager Onderwijs berarti “Pendidikan Dasar yang Lebih Luas”.

Apa itu sekolah Belanda?

Hollandsch-Inlandsche School (HIS) ( sekolah Belanda untuk bumiputera) adalah sekolah pada zaman penjajahan Belanda. Sekolah ini, kali pertama didirikan di Indonesia pada tahun 1914 seiring dengan diberlakukannya Politik Etis. Sekolah ini diperuntukan bagi golongan penduduk keturunan Indonesia asli.

Mengapa Belanda mendirikan lembaga pendidikan berbagai tingkatan di Indonesia?

Dikutip dari buku Pendidikan di Indonesia dari Jaman ke Jaman karya Sumarsono, dkk (1986: 109-110), tujuan pemerintah kolonial membuka banyak sekolah agar memperoleh tenaga kerja yang murah untuk mengisi posisi pegawai rendahan di pabrik maupun dinas tertentu tingkat lokal seperti desa, distrik, dan onderdistrik.

You might be interested:  Sering ditanyakan: Sekolah Kapal Pesiar Yang Bagus?

Apa nama sekolah yang didirikan oleh Belanda?

Adapun sekolah – sekolah yang didirikan oleh pemerintah Hindia Belanda di Karesidenan Besuki, antara lain Tweede Klasse School ( Sekolah Kelas Dua), Volksschool ( Sekolah Desa), Europe Lagere School (ELS), Hollands Chinese School (HCS), Hollands Indische School (HIS), Mulo Uitgebreid Lager Onderwijs (MULO), Normaalscholen

Apa nama sekolah tinggi khusus pejabat pribumi dan sekolah kedokteran pertama di Indonesia?

School tot Opleiding van Indische Artsen (bahasa Indonesia: Sekolah Pendidikan Dokter Hindia), atau yang juga dikenal dengan singkatannya STOVIA, adalah sekolah untuk pendidikan dokter pribumi di Batavia pada zaman kolonial Hindia Belanda. Saat ini sekolah ini telah menjadi Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia.

Bagaimana Middelbare School adalah sekolah zaman Belanda di Indonesia yang setingkat dengan?

Setingkat dengan SMA ( Sekolah Menengah Atas) di Indonesia.

His adalah sekolah Muhammadiyah yang setingkat dengan sekolah apa?

Sebagai Hollandsch Inlandsche School ( HIS ). Sekolah setingkat SD sekarang. Pemerintah Hindia Belanda mendirikannya pada tahun 1902, untuk pendidikan volkschool.

HIS merupakan sekolah yang setingkat dengan sekolah di Muhammadiyah di tingkat apa?

Jawaban: Hollandsch-Inlandsche School ( HIS ) yaitu sekolah pada abad penjajahan Belanda. Pertama kali didirikan di Indonesia pada tahun 1914 seiring dengan diberlakukannya Politik Etis. Sekolah ini hadir pada jenjang Pendidikan Rendah (Lager Onderwijs) atau setingkat dengan pendidikan landasan sekarang.

Apakah perbedaan volkschool dengan Vervolgschool?

Volkschool, adalah sekolah yang disediakan oleh Pemerintah Jajahan Belanda untuk menampung hasrat anak-anak desa yang ingin bersekolah. Setelah selesai, bagi yang berminat bisa meneruskan ke Sekolah Lanjutan atau Vervolgschool yang lebih dikenal dengan Sekolah Ongko Loro, sampai tamat klas 5.

Apa kebijakan Pemerintah Belanda terhadap pribumi dalam bidang pendidikan?

Kebijakan pemerintah Belanda dalam memberikan kesempatan untuk bersekolah bagi rakyat jajahannya tidak disia-siakan oleh bangsa pribumi, walaupun Belanda hanya sebatas mendirikan sekolah rendah atau sekolah dasar membuat seluruh lapisan masyarakat pribumi ingin memperoleh kesempatan belajar, yang kemudian memaksa

You might be interested:  Tanya pembaca: Warna Rambut Yang Cocok Untuk Anak Sekolah?

3 Apa tujuan Belanda menyelenggarakan pendidikan bagi kaum Bumiputera?

Dengan semakin pesatnya perkembangan perekonomian Barat yang ada di Hindia Belanda, maka pemerintah Belanda terpaksa menyelenggarakan pendidikan bagi rakyat Bumiputera yang bertujuan untuk mendidik tenaga terampil yang dapat dipekerjakan pada perusahaan dan berbagai bidang lainnya.

Apa nama organisasi pendidikan Indonesia pada zaman Belanda?

Algemeene Middelbare School (AMS) AMS merupakan sekolah pendidikan menengah umum pada masa Hindia Belanda.

Apa nama sekolah kaum perempuan pada zaman penjajahan?

Sekolah Kartini berdiri di Semarang tahun 1912 Berkat kegigihannya Kartini, kemudian didirikan Sekolah Wanita oleh Yayasan Kartini di Semarang pada 1912, dan kemudian di Surabaya, Yogyakarta, Malang, Madiun, Cirebon dan daerah lainnya. Nama sekolah tersebut adalah Sekolah Kartini.

Mengapa pemerintah kolonial Belanda mendirikan sekolah sekolah di daerah koloni khususnya di Indonesia?

Tujuan Belanda membangun sekolah di Indonesia adalah: Sebagai bagian dari Politik Etis, untuk balas budi kepada rakyat Indonesia dari keuntungan Sistem Tanam Paksa. Untuk mendidik tenaga birokrat (pegawai negeri), dokter dan insinyur yang diperlukan oleh pmerintahan Belanda dan perusahaan barat.