Tanya pembaca: Undang Undang Yang Mengatur Pendidikan Pancasila?

Apa ketentuan Undang Undang yang mengatur tentang pendidikan pancasila lengkap dengan bunyinya?

Pendidikan Pancasila merupakan salah satu mata kuliah wajib yang selalu ada di universitas. Ketentuan ini berdasarkan Pasal 35 Ayat 5 Undang-undang No.12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi. Dengan kata lain, pendidikan Pancasila adalah pendidikan ideologi di Indonesia.

Bagaimana dasar hukum yang mengatur tentang pendidikan pancasila wajib diberikan pada perguruan tinggi?

Dalam rangka menumbuhkan kesadaran dalam mempertahankan keutuhan bangsa dan tanah air Indonesia, maka pendidikan pancasila dibutuhkan di perguruan tinggi dengan landasan yuridis Undang-Undang Dasar 1945 pasal 31 ayat 1 yang isinya bahwa setiap warga negara berhak mendapatkan pendidikan.

Uraikan apa tujuan mempelajari pendidikan pancasila di perguruan tinggi?

Secara spesifik tujuan penyelenggaraan Pendidikan Pancasila di Perguruan Tinggi adalah untuk: Memperkuat Pancasila sebagai dasar falsafah negara dan ideologi bangsa melalui revitalisasi nilai-nilai dasar Pancasila sebagai norma dasar kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. 2.

Jelaskan apa itu pendidikan Pancasila?

Pendidikan Pancasila adalah mata kuliah pengembangan kepribadian yang menjelaskan tentang landasan dan tujuan, sejarah paham kebangsaan indonesia, pancasila sebagai sistem filsafat, pancasila sebagai ideologi nasional bangsa dan negara indonesia, pancasila dalam konteks kenegaraan RI, pancasila sebagai etika politik

You might be interested:  Tanya pembaca: Mengapa Perlu Adanya Profesionalisasi Dalam Pendidikan?

Hal hal apa saja yang diharapkan dapat dicapai melalui pendidikan Pancasila?

Melalui Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, warga negara Republik Indonesia diharapkan mampu “memahami, menganalisa, dan menjawab masalah–masalah yang dihadapi oleh masyarakat, bangsa dan negaranya secara konsisten dan berkesinambungan dengan cita–cita dan tujuan nasional seperti yang digariskan dalam Pembukaan.

Apa UU yg mengatur perkuliahan kewarganegaraan?

Undang-Undang RI No. 20 Tahun 2003 tentang Sisdiknas Pasal 37 Ayat (1) huruf b yang menyatakan bahwa kurikulum pendidikan dasar dan menengah wajib memuat pendidikan kewarganegaraan.

Apa dasar hukum diberikan mata kuliah pendidikan Pancasila?

Dasar hukum Pendidikan Pancasila dan Konstitusi adalah: Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 (Pasal 24C). Peraturan Presiden Nomor 49 Tahun 2012 tentang Kepaniteraan dan Sekretariat Jenderal Mahkamah Konstitusi RI.

Apa dasar hukum diberikan mata kuliah Pendidikan Kewarganegaraan di perguruan tinggi?

Adapun landasan hukum pelaksanaan mata kuliah Pendidikan Kewarganegaraan. 1. Undang-Undang Dasar 1945. Pasal 27 (1) menyatakan bahwa “segala warga negara bersamaan kedudukannya di dalam hukum dan pemerintahan serta wajib menjunjung hukum dan pemerintahan itu dengan tidak ada kecualinya”.

Mengapa pendidikan kewarganegaraan penting dipelajari di perguruan tinggi?

Tujuan pendidikan kewarganegaraan adalah menciptakan warga negara yang memiliki wawasan kenegaraan, menanamkan rasa cinta tanah air, dan kebanggaan sebagai warga negara Indonesia dalam diri para generasi muda penerus bangsa.

Mengapa mahasiswa perlu memahami Pancasila secara filosofis?

Mengapa mahasiswa perlu memahami Pancasila secara filosofis? Alasannya karena mata kuliah Pancasila pada tingkat perguruan tinggi menuntut mahasiswa untuk berpikir secara terbuka, kritis, sistematis, komprehensif, dan mendasar sebagaimana ciri-ciri pemikiran filsafat.

Apa yg dimaksud dengan pendidikan Pancasila dan kewarganegaraan?

Pernyataan Lee tersebut bermakna bahwa Pendidikan Pancasila dan kewarganegaraan adalah suatu subjek pembelajaran yang menjadi sarana pengembangan kualitas warga negara melalui pembinaan karakter warga negara dan membentuk kepribadian bangsa dengan misi membangun warga negara yang sadar akan peran kedudukan serta