Tanya pembaca: Pendidikan Tanggung Jawab Siapa?

Pendidikan dan keberhasilan anak tanggung jawab siapa?

Setiap pembelajaran, pencapaian, akhlak, karakter, dan perilaku anak menjadi tanggung jawab bersama. Bukan hanya pihak sekolah. Ya, pendidikan anak bukan hanya tanggung jawab sekolah. Tentu saja bukan hanya kewajiban guru atau pihak sekolah.

Siapakah yang paling bertanggung jawab dalam pendidikan di Indonesia?

Pemerintah merupakan penanggungjawab pendidikan atas dasar pertimbangan; 1) Pancasila yang berbunyi “keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia ”.

Siapa yang bertanggung jawab atas pendidikan di dalam keluarga?

Pendidikan dalam keluarga merupakan pendidikan pertama dan utama, di mana pendidik yang paling bertanggung jawab terhadap perkembangan seorang anak adalah orang tua. Kaidah ini ditetapkan secara kodrati, karena mereka ditakdirkan menjadi orang tua anak yang dilahirkan.

Siapakah yang bertanggung jawab terhadap pendidikan luar sekolah?

(1) Pembinaan pendidikan luar sekolah sebagai bagian dari sistem pendidikan nasional baik yang diselenggarakan oleh Pemerintah, badan, kelompok atau perorangan merupakan tanggung jawab Menteri.

You might be interested:  Jawaban Cepat: Faktor Faktor Yang Mempengaruhi Pendidikan Dan Promosi Kesehatan?

Pendidikan anak Tanggung jawab siapa dalam Islam?

Dalam Islam, anak sesungguhnya merupakan titipan dan berhak mendapatkan haknya dari kedua orang tua. Segala perilaku anak selama di dunia adalah tanggung jawab orang tuanya. Termasuk mendidik, dan mengasihi seorang anak itu adalah tanggung jawab orang tuanya.

Siapa yang bertanggungjawab dalam membuat PPI?

C. Membentuk tim PPI, tim penyusun PPI terdiri atas guru kelas, guru bidang studi, kepala sekolah, Guru Pendamping Khusus (GPK), orang tua atau tenaga ahli lain yang ada dan terkait dengan kondisi anak. Tim PPI ini bertanggungjawab atas program yang dirancang bersama.

Siapa yang paling bertanggung jawab dalam penyusunan kurikulum?

Penjelasan di atas menunjukkan bahwa yang memegang peranan dalam proses pengembangan kurikulum ialah guru karena dialah yang paling bertanggung jawab atas mutu pendidikan anak-didiknya.

Sebenarnya siapa yang harus bertanggung jawab dalam pembiayaan pendidikan?

Pendanaan pendidikan menjadi tanggung jawab bersama antara Pemerintah, Pemerintah Daerah, dan masyarakat. Pemerintah dan Pemerintah Daerah bertanggung jawab menyediakan anggaran pendidikan sebagaimana diatur dalam Pasal 31 ayat (4) Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.

Bagaimana tanggung jawab orang tua dalam keluarga?

Orang tua ( keluarga ) yang bertanggung jawab yang paling utama atas perkembangan dan kemajuan anak. Orang tua memiliki tanggung jawab untuk mendidik, mengasuh dan membimbing anak-anaknya untuk mencapai tahapan tertentu yang menghantarkan anak untuk siap dalam kehidupan bermasyarakat.

Siapa yang terlibat dan bertanggung jawab terhadap terselenggaranya pendidikan?

Setiap warga negara bertanggung jawab terhadap keberlangsungan penyelenggaraan pendidikan. Orang tua berhak berperan serta dalam memilih satuan pendidikan dan memperoleh informasi tentang perkembangan pendidikan anaknya. Orang tua dari anak usia wajib belajar, berkewajiban memberikan pendidikan dasar kepada anaknya.

You might be interested:  Tanya pembaca: Mengapa Jepang Melakukan Pembatasan Dan Pengendalian Pendidikan Di Indonesia?

Siapa yang bertanggung jawab terhadap keluarga menurut Islam?

Rasulullah SAW bersabda: ‘Semua kamu adalah pemimpin, dan setiap pemimpin akan Seorang penguasa adalah pemimpin dan penanggung jawab rakyatnya. Seorang laki-laki adalah pemimpin dan penanggung jawab keluarganya. Dan seorang wanita adalah pemimpin dan penanggung jawab rumah dan anak-anak suaminya.

Siapa saja yang menjadi sasaran pendidikan luar sekolah?

Sasaran populasi pendidikan luar sekolah sebagai suplemen adalah anak-anak, remaja, pemuda, atau orang dewasa, yang telah menyesuaikan jenjang pendidikan sekolah tertentu (SD sampai dengan perguruan tinggi).

Program pendidikan luar sekolah apa saja?

Program PLS di Indonesia

  1. Pendidikan Anak Usia Dini.
  2. Pendidikan Keaksaraan.
  3. Pendidikan Kesetaraan.
  4. Pendidikan Kursus dan Pelatihan.
  5. Pengembangan Budaya Baca dan Pembinaan Perpustakaan.
  6. Pendidikan Pemberdayaan Perempuan.
  7. Pengarusutamaan Gender (PUG)
  8. Pemberdayaan Kelembagaan PNFI.

Apa saja yang dipelajari di pendidikan luar sekolah?

Pendidikan luar sekolah atau PLS mempelajari problematika pendidikan, pemberdayaan masyarakat, manajemen pelatihan, serta bidang ilmu lainnya yang mencakup bidang pekerjaan sosial. Memilih jurusan PLS berarti mencari peluang profesi yang tak lazim. Prospek kerja dan lingkup kerja lulusan PLS sangat luas.