Tanya pembaca: Bagaimana Pelaksanaan Politik Etis Di Indonesia Dalam Bidang Pendidikan?

Bagaimana cara pelaksanaan politik etis di Indonesia?

Politik etis dilaksanakan dengan memberikan 40 juta gulden selama 14 tahun oleh pemerintah kolonial bagi aspirasi rakyat Indonesia yang ingin mendapatkan kemerdekaan. Hal ini juga dilakukan untuk mewujudkan keperluan kerjasama antara golongan pribumi dan Eropa demi kemajuan tanah jajahannya.

Dalam bidang apa saja pelaksanaan politik etis?

Politik Etis

  • Irigasi (pengairan), membangun dan memperbaiki pengairan-pengairan dan bendungan untuk keperluan pertanian.
  • Imigrasi yakni mengajak penduduk untuk bertransmigrasi.
  • Edukasi yakni memperluas dalam bidang pengajaran dan pendidikan.

Bagaimana pelaksanaan Politik Etis yang diterapkan pemerintah Hindia Belanda?

1.Irigasi (pengairan), membangun dan memperbaiki pengairan-pengairan dan bendungan untuk keperluan pertanian. 2.Imigrasi yakni mengajak penduduk untuk bertransmigrasi. 3.Edukasi yakni memperluas dalam bidang pengajaran dan pendidikan.

You might be interested:  Tanya pembaca: Mengapa Guru Sering Gagal Dalam Mengimplementasikan Pendidikan Karakter Di Kelas?

Bagaimana dampak pelaksanaan Politik Etis dalam bidang sosial politik dan pendidikan?

Dengan Politik Etis, mulai muncul kalangan terdidik dari rakyat Indonesia, seiring dengan dibukanya sekolah-sekolah dengan sistem pendidikan barat, seperti STOVIA (sekolah Kedokteran Hindai Belanda) di Batavia (Jakarta). Namun pendidikan ini hanya dinikmati oleh kalangan elit atau atas saja.

Apa yang dimaksud politik etis dan bagaimana penerapannya di Indonesia?

Politik Etis (Etische Politiek) atau Politik Balas Budi adalah pemikiran progresif bahwa pemerintah Belanda mempunyai kewajiban moral menyejahterakan penduduk Hindia Belanda sebab telah memberikan kemakmuran bagi masyarakat dan kerajaan Belanda.

Apa kaitan Van Deventer dengan politik etis yang dilaksanakan oleh pemerintah kolonial Belanda yang memberikan pengaruh terhadap bangsa Indonesia?

Keterkaitan antara Trias Van Devender dengan pelakasaan politik etis adalah kebijakan politik etis terakum dalam Trias Van Devender sebagai wujud bahwa Belanda mempunyai moral dan hutang budi atas bangsa pribumi Hindia Belanda oleh Ratu Wihelmina.

Bagaimana dampak dari pelaksanaan Politik Etis?

Setelah Politik Etis dilaksanakan, dampak yang terlihat yaitu munculnya kalangan terdidik dari rakyat Indonesia, terbangunnya saluran irigasi, dan terjadi perpindahan penduduk dalam proses transmigrasi.

Siapa penggagas Politik Etis?

Kebijakan resmi Politik Etis ini berlangsung selama pemerintah kolonial Hindia Belanda sepanjang empat dekade, dari 1901 hingga 1942. Tokoh Belanda yang melandasi munculnya Politik Etis adalah Pieter Brooshooft, wartawan Koran De Locomotief dan C Th van Deventer, seorang politikus.

Mengapa kebijakan politik etis dipilih?

Pemerintahan kolonial Belanda menerapkan kebijakan politik etis di tanah jajahan yakni di Indonesia adalah karena banyaknya kritik dari dalam negeri kerajaan Belanda atas pemerintahan kolonial Belanda di tanah jajahannya yakni di Indonesia.

You might be interested:  Jawaban Cepat: Aspek Yang Dikembangkan Oleh Pendidikan?

Mengapa pemerintah Hindia Belanda melaksanakan kebijakan politik etis?

Pemerintah Hindia Belanda melaksanakan kebijakan Politik Etis karena adanya desakan dari para politikus di Belanda, sebagai upaya balas budi pemerintahan Belanda kepada masyarakat Indonesia yang telah memberi keuntungan besar bagi Belanda namun menderia akibat Sistem Tanam Paksa.

Apa yang dimaksud dengan kebijakan politik etis?

Politik etis adalah kebijakan balas budi yang dibuat untuk mengganti kerugian masyarakat Hindia Belanda (Indonesia) atas eksploitasi yang dilakukan pemerintah Belanda. Secara garis besar, politik etis memiliki tujuan untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat Hindia Belanda.

Apa isi majalah de Gids berjudul Een Eereschuld atau debt of Honour yang terbit tahun 1899?

1899 Deventer menulis dalam majalah De Gids yang berjudul Een Eereschuld (Hutang kehormatan). Een Eereschuld adalah “Hutang yang demi kehormatan harus dibayar, walaupun tidak dapat dituntut kepada hakim dalam pengadilan”.

Apa dampak dari politik etis bagi perkembangan nasionalisme di Indonesia?

Pengaruh adanya politik etis bagi Indonesia adalah memberikan banyak kesejahteraan terhadap seluruh masyarakat Indonesia. Dari Trilogi Van Deventer yang mana masyarakat Indonesia memiliki hak untuk mengikuti berbagai hal, misalnya saluran irigasi yang sudah dibangun oleh Belanda.

Jelaskan apa manfaat atau dampak politik etis terutama bidang pendidikan bagi bangsa Indonesia?

Adanya politik etis berdampak positif bagi bangsa Indonesia. Lewat program Pendidikan dibangun sekolah-sekolah di sejumlah wilayah di Hindia Belanda. Dari situlah melahirkan tokoh-tokoh atau golongan pelajar yang kemudian berjuang untuk kemerdekaan Indonesia.