Pertanyaan: Mengapa Finlandia Memiliki Sistem Pendidikan Terbaik Di Dunia?

Mengapa dikatakan sistem pendidikan di Finlandia terbaik di dunia?

Mengutip dari laman World Economic Forum, sebelum ke sekolah formal, anak-anak di negara ini belajar bagaimana menjadi anak. Mereka belajar dengan bermain bersama hingga mengolah emosi. Dari metode inilah alasan mengapa Finlandia memiliki sistem pendidikan yang baik.

Kenapa Finlandia pendidikannya menjadi no 1 di dunia?

Tentu saja, bukan tanpa alasan Finlandia bisa menjadi negara dengan sistem pendidikan terbaik di dunia. Satu yang paling menonjol dari negara ini, adalah diberi kebebasannya jajaran pendidik untuk meramu kurikulum dan menentukan metode dan materi belajar-mengajar.

Bagaimana pendidikan dasar di Finlandia?

Pendidikan Dasar di Finlandia merupakan fase wajib belajar sembilan tahun bagi setiap anak berusia 7-16 tahun. Setiap siswa masuk ke sekolah dekat rumah yang ditunjuk oleh pemerintah daerahnya, walaupun di beberapa kota besar orang tua dapat memilih sekolah untuk anaknya dalam batasan tertentu.

Apakah ada sekolah swasta di Finlandia?

Salah satu alasan, Finlandia tidak memiliki sekolah swasta. Setiap lembaga akademik di negara ini didanai melalui biaya publik atau negara. Baca juga: Negara Mana Memiliki Siswa Terpintar? Para guru juga dilatih untuk mampu membuat penilaian siswa sendiri alih-alih menggunakan tes standar nasional atau internasional.

You might be interested:  Berikut Sikap Seorang Murid Yang Bertentangan Dengan Pancasila Kedua Yaitu?

Kenapa Finlandia menjadi negara terbahagia?

Satu hal yang membuat negara ini menjadi tempat terbaik untuk ditinggali adalah cara hidup masyarakatnya yang santai dan bebas. Jika dibandingkan dengan negara barat lainnya, masyarakat di Finlandia sangat berdamai dengan dirinya sendiri. Budaya di negara tersebut juga sangat hangat dan fokus pada kerja sama.

Berapa jam belajar di Finlandia?

Jam sekolah di Finlandia dimulai pukul 08.00 atau 09.00 pagi dan selesai pukul 13.00 atau 14.00 siang. Kemudian, setiap 45 menit waktu pelajaran, murid-murid beristirahat selama 15 menit. Artinya, selama satu hari mereka menghabiskan waktu di kelas selama 3 jam 45 menit.

Negara Finlandia itu dimana?

Finlandia merupakan negara di Eropa Utara yang berbatasan dengan dengan Swedia, Norwegia dan Rusia. Negara ini hanya seluas 338.000 km2 dan hanya memiliki kurang lebih 6 juta jiwa. Negara Nordik ini termasuk sebagai negara yang mempunyai tingkat pendapatan dan kemakmuran rakyat yang tinggi.

Kenapa pendidikan di Indonesia sangat buruk?

Rendahnya kualitas pendidikan Indonesia disebabkan oleh beberapa penyebab, diantaranya adalah tidak efektifnya pelaksanaan pendidikan, efisiensi pengajaran yang belum terpenuhi (mahalnya biaya pendidikan, waktu yang digunakan, mutu pengajaran, dll), serta standarisasi pendidikan yang tidak sesuai dengan kebutuhan.

Berapa gaji guru di Finlandia?

Guru di Finlandia digaji 2520 Euro alias 40 juta Rupiah. Lho, banyak dong. Eits, kita bandingkan dulu nih. Gaji lulusan SMA di Finlandia rata-rata 2600 Euro, sedangkan gaji sarjana adalah 3300 Euro.

Pendidikan di Finlandia tidak memotivasi siswa untuk menjadi siapa yang terpandang di sekolahnya namun lebih menekankan bagaimana membentuk?

Di samping itu pendidikan di Finlandia tidak memotivasi siswa untuk menjadi siapa yang terpandai di sekolahnya (no competition), namun lebih menekankan bagaimana membentuk “learning community” yaitu menggabungkan guru sebagai pendidik, siswa sebagai anak didik, dan masyarakat sebagai bagian dari pendidikan, sehingga

You might be interested:  Universitas Negeri Di Bandung Yang Murah?

Apakah sistem pendidikan Finlandia dapat dipraktikkan di Indonesia?

Tentu saja tidak. Hal ini juga yang menjadi salah satu pertimbangan kuat mengapa sistem pendidikan Finlandia akan sulit untuk diterapkan di Indonesia. Kita perlu tahu bahwa semua guru di Finlandia harus bergelar master, hal tersebut tentu saja berpengaruh pada kinerja para guru saat mengajar.

Apakah di Finlandia ada PR?

Namun, ada juga kabar yang beredar di media sosial bahwa Finlandia tidak memberikan pekerjaan rumah ( PR ). Bagaimana faktanya? Duta Besar Finlandia Jari Sinkari berkata kabar itu tidak benar. Finlandia masih memberikan PR bagi para anak didik.

Bagaimana peran orang tua di Finlandia?

Orang tua di Finlandia sangat menghormati guru dan sekolah. Mereka menganggap guru adalah orang tua kedua dan sekolah adalah rumah kedua. 3. Apabila guru mengalami kesulitan mengajar kepada seorang siswa, orangtua akan membantu semaksimal mungkin, bukan malah menyalahkan gurunya.

Seperti apa sistem pendidikan yang baik?

Pendidikan yang paling baik adalah melahirkan rasa penasaran pada peserta didik sehingga mereka ingin tau dan paham. Bukan juga mengikuti sistem pembelajaran menurut para ahli. karena dasar pendidikan itu sendiri adalah menciptakan peserta didik mampu mengerti dan paham.

Berapa jumlah maksimal siswa di dalam kelas di Finlandia?

9. Kelas sains di Finlandia diisi maksimal 16 siswa sehingga mereka dapat praktik dan melakukan penelitian. Di Indonesia, hanya sekolah tertentu yang punya laboratorium yang memenuhi standar.