Pertanyaan: Apa Itu Penguatan Pendidikan Karakter?

Apa yang dimaksud dengan penguatan pendidikan karakter?

Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) adalah gerakan pendidikan di sekolah untuk memperkuat karakter siswa melalui harmonisasi olah hati (etik), olah rasa (estetis), olah pikir (literasi), dan olah raga (kinestetik) dengan dukungan pelibatan publik dan kerja sama antara sekolah, keluarga, dan masyarakat.

Apa tujuan PPK?

Penguatan Pendidikan Karakter ( PPK ) merupakan kebijakan pendidikan yang tujuan utamanya adalah untuk mengimplementasikan Nawacita Presiden Joko Widodo – Jusuf Kalla dalam sistem pendidikan nasional.

Mengapa penguatan pendidikan karakter itu penting?

Secara umum, fungsi dari pendidikan karakter di sekolah adalah untuk membentuk karakter dan kepribadian seseorang sehingga menjadi orang yang memiliki nilai moral yang tinggi, tinggi toleransi, berperilaku baik, dan berakhlak mulia.

Apa yang harus dilakukan dalam program penguatan pendidikan karakter?

Sehingga dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan program penguatan pendidikan karakter melalui empat tahap kegiatan, yaitu terintegrasi, pembudayaan, keteladanan, dan kerjasama dengan orang tua peserta didik.

You might be interested:  Tanya pembaca: Pendidikan Anak Usia Dini Termasuk Ke Dalam Pendidikan Apa?

Apa yang dimaksud penguatan pendidikan karakter brainly?

Penguatan Pendidikan Karakter. atau PPK adalah program pendidikan di sekolah untuk memperkuat karakter siswa melalui harmonisasi olah hati (etik dan spiritual), olah rasa (estetik), olah pikir (literasi dan numerasi) dan olah raga (kinestetik) sesuai dengan falsafah Pancasila.

Pendidikan karakter di masa pandemi menjadi tanggung jawab siapa?

Pendidikan karakter di masa pandemi melalui pembelajaran jarak jauh di masa pandemi ini harus tetap diawasi dan dikontrol oleh guru. Pembelajaran dominan tidak dilakukan dengan tatap muka, sehingga menjadi tantangan guru dalam proses pendidikan karakter tersebut.

Sebutkan komponen PPK apa saja?

Kelima karakter utama prioritas PPK di sekolah adalah sebagai berikut.

  • Religius. Sikap religius mencerminkan keberimanan dan ketakwaan kepada Tuhan yang Maha Esa.
  • 2. Integritas.
  • Mandiri.
  • 4. Nasionalis.
  • Gotong Royong.

PPK ada berapa?

Gerakan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) yang dicanangkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (2017) mengidentifikasi 5 (lima) nilai utama karakter yang saling berkaitan membentuk jejaring nilai yang perlu dikembangkan sebagai prioritas, yaitu religius, nasionalis, mandiri, gotong royong, dan integritas.

Apa tujuan Gerakan literasi sekolah?

Tujuan umum gerakan literasi sekolah yaitu untuk menumbuhkembangkan budi pekerti peserta didik melalui pembudayaan ekosistem literasi sekolah yang diwujudkan dalam Gerakan Literasi Sekolah agar mereka menjadi pembelajar sepanjang hayat.

Karakter apa yang penting ditanamkan pada peserta didik?

Karakter yang bekualitas perlu diajarkan sejak anak usia dini,khususnya anak usia SD, Beberapa karakter yang perlu ditanamkan pada anak yaitu nilai norma dan moral seperti jujur, disiplin,mandiri, kerja keras,kreatif, hormat pada orang lain,tanggung jawab, cinta tanah air, kepemimpinan dan keadilan.

Harapan apa saja yang diinginkan dari pendidikan karakter yang diterapkan?

Sebagaimana disebutkan di awal, tujuan dan harapan dari penerapan pendidikan berbasis karakter adalah untuk membentuk pribadi anak, supaya menjadi manusia yang baik, warga masyarakat, dan warga negara yang baik. Pendidikan karakter dapat mencapai tujuannya jika berpijak dari nilai-nilai karakter dasar tersebut.

You might be interested:  Sering ditanyakan: Mengapa Mengikuti Pendidikan Kewarganegaraan Merupakan Bentuk Bela Negara?

Apa permasalahan yang dibahas dalam teks yang berjudul pentingnya pendidikan karakter di sekolah?

Permasalahan yang dibahas pada teks tersebut adalah Pendidikan karakter di Indonesia yang ditanamkan sejak bangku taman kanak-kanak hingga perguruan tinggi dapat dikatakan kurang berhasil. Pendidikan karakter dapat dilakukan dalam berbagai kesempatan, tidak serta merta harus dilakukan dalam ruangan kelas.

Apa saja program pendidikan karakter?

Program Penguatan Pendidikan Karakter (PPK)

  • Religiositas.
  • Nasionalisme.
  • Kemandirian.
  • Gotong Royong.
  • Integritas.

Metode apa saja yang digunakan dalam pembelajaran berbasis karakter?

Penerapan pendidikan karakter dilakukan dengan tiga metode, yaitu: pemahaman, pembiasaan, dan keteladanan.

Nilai karakter apa yang mencerminkan keberimanan terhadap Tuhan Yang Maha Esa?

Nilai karakter religius mencerminkan keberimanan terhadap Tuhan yang Maha Esa yang diwujudkan dalam perilaku melaksanakan ajaran agama dan kepercayaan yang dianut, menghargai perbedaan agama, menjunjung tinggi sikap toleran terhadap pelaksanaan ibadah agama dan kepercayaan lain, hidup rukun dan damai dengan pemeluk