Pendidikan Menurut Who?

Apa itu pendidikan Menurut buku?

Menurut H. Horne, pendidikan adalah proses yang terus menerus (abadi) dari penyesuaian yang lebih tinggi bagi makhluk manusia yang telah berkembang secara fisik dan mental, yang bebas dan sadar kepada tuhan, seperti termanifestasi (terwujud) dalam alam sekitar intelektual, emosional dan kemanusiaan dari manusia.

Apa itu pendidikan menurut Anda?

Pendidikan adalah pembelajaran pengetahuan, keterampilan, dan kebiasaan sekelompok orang yang diturunkan dari satu generasi ke generasi berikutnya melalui pengajaran, pelatihan, atau penelitian. Jadi, pendidikan berarti kegiatan “menuntun ke luar”.

Jelaskan apa yang dimaksud dengan pendidikan menurut para ahli dan bagaimana keterkaitan manusia dengan pendidikan?

Pengertian pendidikan adalah usaha yang sengaja diadakan baik langsung maupun dengan cara yang tidak langsung untuk membantu anak dalam perkembangannya mencapai kedewasaan. Driyarkara. Definisi pendidikan diartikan sebagai suatu upaya dalam memanusiakan manusia muda atau pengangkatan manusia muda ke taraf yang insani.

You might be interested:  Sering ditanyakan: Mengapa Pendidikan Pancasila Diberikan Pada Tiap Program Studi Di Perguruan Tinggi?

Apa yang dimaksud dengan pendidikan dalam konteks sekolah?

Secara simplistik pendidikan didefinisikan sebagai sekolah, yakni pengajaran yang dilaksanakan atau diselenggarakan di sekolah sebagai lembaga pendidikan formal. Dalam konteks ini pendidikan dimaknai sebagai proses untuk memanusiakan manusia untuk menuju kepada kemanusiaannya yang berupa pendewasaan diri.

Apa yang dimaksud dengan pendidikan?

Definisi Pendidik Secara bahasa dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, pendidik adalah orang yang mendidik. Pengertian tersebut memberikan kesan bahwa pendidik adalah orang yang melakukan kegiatan dalam bidang mendidik.

Apa yang dimaksud dengan pendidikan menurut Ki Hajar Dewantara?

Menurut Ki Hadjar Dewantara hakikat pendidikan adalah seluruh daya upaya yang dikerahkan secara terpadu untuk tujuan memerdekaan aspek lahir dan batin manusia. Karakter pendidikan seperti ini akan merusak budi pekerti anak didik sebab hidup di bawah paksaan dan tekanan.

Pendidikan itu untuk apa?

Berdasarkan UU No. 2 Tahun 1985 yang berbunyi bahwa tujuan pendidikan yaitu mencerdaskan kehidupan bangsadan mengembangkan manusia yang seutuhnya yaitu yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berbudi pekerti luhur, memiliki pengetahuan dan keterampilan, kesehatan jasmani dan rohani, kepribadian yang

Apakah pendidikan itu brainly?

Jawaban: pendidikan adalah proses pembelajaran seseorang mulai dari SD, SMP, SMA, perguruan tinggi dan lain lain. Pendidikan bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan, kreativitas, dan kemampuan melalui pengajaran yg diberikan oleh guru.

Apa yang dimaksud dengan pendidikan dan contohnya?

Secara umum, pengertian pendidikan adalah suatu proses pembelajaran pengetahuan, keterampilan, dan kebiasaan sekumpulan manusia yang diwariskan dari satu genereasi ke generasi selanjutnya melalui pengajaran, pelatihan, dan penelitian.

1 Apa yang dimaksud dengan pendidikan menurut UU Sisdiknas?

Dalam undang-undang ini yang dimaksud dengan: 1. Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia,

You might be interested:  Apa Yang Dimaksud Dengan Pendidikan Pancasila?

Apa yang dimaksud dengan pendidikan disiplin ilmu?

Sungguhpun demikian, bila merujuk pada pengertian disiplin ilmu pendidikan di atas, maka pendidikan disiplin ilmu pendidikan dapat diartikan sebagai ” pendidikan tentang disiplin ilmu pendidikan ”, atau dalam pengertian yang lebih luas adalah ” pendidikan yang diberikan di tingkat universitas tentang cabang-cabang ilmu

Apa yang dimaksud dengan pendidikan sepanjang hayat?

Pendidikan Sepanjang Hayat adalah sebuah konsep yang menyatakan bahwa proses pendidikan dapat dilakukan kapan saja dan dimana saja tanpa dibatasi oleh usia. Penerapan Pendidikan Sepanjang Hayat dapat dilakukan pada lingkungan rumah tangga, lingkungan sekolah dan lingkungan masyarakat.

Apa yang dimaksud dengan pendidikan dan ilmu pendidikan?

Ilmu pendidikan merupakan ilmu yang membicarakan masalah-masalah umum pendidikan secara menyeluruh dan abstrak. Ia juga merupakan pemikiran ilmiah yang kritis, metodis dan sistematis tentang pendidikan. Pendidikan sebagai ilmu bersifat empiris, rokhaniah, normatif, historis, teoritis dan praktis.

Apa yang dimaksud dengan pendidikan Kristen jelaskan?

Dari pemaparan di atas dapat disimpulkan bahwa Pendidikan Agama Kristen adalah proses mendidik atau membimbing keluar dari masa lampau dan berproses pada masa kini sehingga mampu menuju ke masa depan yang berguna dalam pembangunan dan pengembangan iman kristiani dari pendidik maupun peserta didik.

Mengapa pengalaman hidup disebut sebagai pendidikan dalam arti luas?

Dalam arti luas, hidup adalah pendidikan, dan pendidikan adalah hidup (life is education, and education is life). Maksudnya bahwa pendidikan adalah segala pengalaman hidup (belajar) dalam berbagai lingkungan yang berlangsung sepanjang hayat dan berpengaruh positif bagi pertumbuhan atau perkembangan individu.