Pendidikan Kewarganegaraan Dan Hal Yang Melandasinya?

Apa tujuan utama pendidikan kewarganegaraan dan kompetensi yang di harapkan?

Tujuan utama Pendidikan Kewarganegaraan adalah untuk menumbuhkan wawasan dan kesadaran bernegara, sikap serta prilaku yang cinta tanah air dan bersendikat kebudayaan bangsa, wawasan nusantara serta ketahanannasional dalam diri para mahasiswa calon sarjana/ilmuan warga Negara NKRI yang sedang mengkaji dan akan menguasai

Jelaskan apa yang dimaksud dengan Pendidikan Kewarganegaraan?

Berbeda dengan pendapat di atas, pendidikan kewarganegaraan didefinisikan sebagai mempersiapkan kaum muda (siswa) untuk menjadi warga negara yang memiliki pengetahuan, keterampilan, dan nilai-nilai yang diperlukan untuk berpartisipasi aktif dalam komunitas mereka (Samsuri, 2011: 28).

Apa saja yang menjadi landasan dari pendidikan kewarganegaraan?

Landasan pendidikn kewarganegaraan meliputi landasan filosofis, landasan teoritis, landasan histori, landasan sosiologi, dan landasan yuridis. Pendidikan kewarganegaraan dimaksudkan untuk membentuk peserta didik menjadi manusia yang memiliki rasa kebangsaan dan cinta tanah air.

Jelaskan apa yang dimaksud dengan Pendidikan Kewarganegaraan dan tujuan dari pendidikan kewarganegaraan?

Pengertian Pendidikan Kewarganegaraan adalah pendidikan politik yang bertujuan demi membantu peserta didik agar mejadi seorang warga negara yang memiliki pengetahuan politik secara dewasa serta mampu berpartisipasi dalam membangun sistem politik yang demokratis.

You might be interested:  Pendidikan Yang Berhasil Adalah?

Apa tujuan dari pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan?

Tujuan pendidikan kewarganegaraan adalah menciptakan warga negara yang memiliki wawasan kenegaraan, menanamkan rasa cinta tanah air, dan kebanggaan sebagai warga negara Indonesia dalam diri para generasi muda penerus bangsa.

Apakah Pendidikan Kewarganegaraan saat ini masih relevan untuk diajarkan?

Jawaban: Pendidikan kewarganegaraan adalah pendidikan yang masih relevan saat ini. Hal ini karena bahkan dengan kemajuan iptek dan modernisasi Indonesia, kita masih membutuhkan pendidikan kewarganegaraan.

Jelaskan apa yang dimaksud dengan pendidikan?

Baiklah langsung saja kita paparkan beberapa pengertian pendidikan menurut beberapa sumber. Secara bahasa definisi pendidikan adalah proses pengubahan sikap dan tata laku seseorang atau kelompok orang dalam usaha mendewasakan manusiamelalui upaya pengajaran dan pelatihan.

Apa saja landasan dari pendidikan Pancasila?

Terdapat empat landasan pendidikan Pancasila yaitu landasan historis, landasan kultural, landasan yuridis, dan landasan filosofis.

Apa landasan mata kuliah Pendidikan Kewarganegaraan diberikan terhadap mahasiswa di perguruan tinggi?

Landasan ideal Pendidikan Kewarganegaraan yang sekaligus menjadi jiwa dikembangkannya Kewarganegaraan adalah Pancasila. Dalam sistematikanya dibedakan menjadi tiga hal, yaitu: Pancasila sebagai dasar negara, Pancasila sebagai pandangan hidup bangsa dan Pancasila sebagai ideologi negara.

Dasar hukum apa saja yang melandasi penyelenggaraan pendidikan pancasila di perguruan tinggi?

Dalam rangka menumbuhkan kesadaran dalam mempertahankan keutuhan bangsa dan tanah air Indonesia, maka pendidikan pancasila dibutuhkan di perguruan tinggi dengan landasan yuridis Undang-Undang Dasar 1945 pasal 31 ayat 1 yang isinya bahwa setiap warga negara berhak mendapatkan pendidikan.

5 Apakah Pengertian dari Pendidikan Kewarganegaraan?

Pendidikan Kewarganegaraan (citizenship) adalah mata pelajaran yang memfokuskan pada pembentukan warga negara yang memahami dan mampu melaksanakan hak – hak dan kewajibannya untuk menjadi warga negara Indonesia yang cerdas, terampil, berkarakter yang diamanatkan oleh Pancasila dan UUD NRI 1945.

You might be interested:  Tanya pembaca: Apa Itu Jurusan Administrasi Pendidikan?

Bagaimana pendapat sumantri tentang Pendidikan Kewarganegaraan?

Menurut Nu’man Soemantri (2001: 54) pendidikan kewarganegaraan adalah pendidikan yang berintikan demokrasi politik, yang diperluas dengan sumber-sumber pengetahuan lainnya, positif influence pendidikan sekolah, masyarakat, orang tua, yang kesemuanya itu diproses untuk melatih pelajar-pelajar berfikir kritis, analitis,

Bagaimana pendapat Somantri tentang Pendidikan Kewarganegaraan?

Mengacu pada pendapat Muhammad Nu’man Somantri (2001:299) disampaikan bahwa pendidikan kewarganegaraan merupakan program pendidikan yang dasarnya adalah demokrasi politik, diperluas dengan sumber-sumber pengetahuan lainnya, pengaruh positif dari pendidikan sekolah, masyarakat dan orang tua diproses guna melatih para