Ketentuan Undang-Undang Yang Mengatur Tentang Pendidikan Pancasila?

Hal apa yang melandasi penyelenggaraan pendidikan Pancasila di perguruan tinggi?

Asas-asas hukum yang melandasi Pendidikan Pancasila di Perguruan Tinggi adalah asas kepentingan umum/kesejahteraan umum merupakan hukum tertinggi (salus publica suprema lex) dan asas adanya peraturan definitif.

Bagaimana dasar hukum yang mengatur tentang pendidikan Pancasila wajib diberikan pada perguruan tinggi?

Dalam rangka menumbuhkan kesadaran dalam mempertahankan keutuhan bangsa dan tanah air Indonesia, maka pendidikan pancasila dibutuhkan di perguruan tinggi dengan landasan yuridis Undang-Undang Dasar 1945 pasal 31 ayat 1 yang isinya bahwa setiap warga negara berhak mendapatkan pendidikan.

Apa Undang-Undang yang mengatur tentang perkuliahan kewarganegaraan?

Undang – Undang RI No. 20 Tahun 2003 tentang Sisdiknas Pasal 37 Ayat (1) huruf b yang menyatakan bahwa kurikulum pendidikan dasar dan menengah wajib memuat pendidikan kewarganegaraan.

You might be interested:  FAQ: Apa Yang Dipelajari Di Pendidikan Dokter?

Jelaskan apa itu pendidikan Pancasila?

Pendidikan Pancasila adalah mata kuliah pengembangan kepribadian yang menjelaskan tentang landasan dan tujuan, sejarah paham kebangsaan indonesia, pancasila sebagai sistem filsafat, pancasila sebagai ideologi nasional bangsa dan negara indonesia, pancasila dalam konteks kenegaraan RI, pancasila sebagai etika politik

Mengapa pendidikan Pancasila harus Anda ulang lagi di perguruan tinggi?

”Mata kuliah Pancasila perlu diterapkan kembali agar mahasiswa sebagaipenerus bangsa tetap mengingat, mengetahui, paham, dan memperjuangkan bangsa Indonesia. Jika tidak ada mata kuliah tersebut, akan memungkinkan para generasi muda melupakan falsafah negara, sejarah, budaya Indonesia.

Mengapa pendidikan Pancasila di jadikan mata kuliah umum di seluruh fakultas dan bahkan universitas di Indonesia bagaimana urgensi nya?

Pendidikan Pancasila merupakan salah satu mata pelajaran pendukung pengembangan karakter manusia. Pendidikan Pancasila di tingkat perguruan tinggi sangat penting artinya, karena merupakan proses lanjutan pembentukan karakter bagi manusia di mana akan berlangsung samapai manusia itu menemui ajalnya.

Apa dasar hukum diberikan mata kuliah Pendidikan Kewarganegaraan di perguruan tinggi?

Adapun landasan hukum pelaksanaan mata kuliah Pendidikan Kewarganegaraan. 1. Undang-Undang Dasar 1945. Pasal 27 (1) menyatakan bahwa “segala warga negara bersamaan kedudukannya di dalam hukum dan pemerintahan serta wajib menjunjung hukum dan pemerintahan itu dengan tidak ada kecualinya”.

Mengapa pendidikan kewarganegaraan penting dipelajari di perguruan tinggi?

Tujuan pendidikan kewarganegaraan adalah menciptakan warga negara yang memiliki wawasan kenegaraan, menanamkan rasa cinta tanah air, dan kebanggaan sebagai warga negara Indonesia dalam diri para generasi muda penerus bangsa.

Pasal dan undang-undang nomor berapakah yang membahas tentang Penetapan Mata Kuliah Pend Pancasila wajib di muat dalam Kurikulum PT?

Hal ini mengandung maksud semua penyelenggaraan Pendidikan harus berdasarkan Pancasila. Undang – Undang Nomor 12 Tahun 2012 Pasal 35 ayat (5) menyatakan bahwa kurikulum pendidikan tinggi wajib memuat mata kuliah agama, Pancasila, kewarganegaraan, dan bahasa Indonesia menunjukkan bahwa negara berkehendak agar pendidikan

You might be interested:  Tanya pembaca: Pendekatan Yang Digunakan Dalam Pendidikan Ips Sekolah Dasar Adalah?

Mengapa Pancasila berkaitan erat dengan Pendidikan Kewarganegaraan?

Dengan menyampaikan Pancasila melalui pendidikan kewarganegaraan mendidik agar warga negara tahu local wisdom, pengalaman sejarah, sistem kenegaraan, sadar apa yang ada dalam negara, tahu hak dan kewajibannya sehingga nanti kita tidak kehilangan jatidiri bangsa, bukan melulu demokrasi.

Jelaskan apa yang dimaksud Pendidikan Kewarganegaraan?

Berbeda dengan pendapat di atas, pendidikan kewarganegaraan didefinisikan sebagai mempersiapkan kaum muda (siswa) untuk menjadi warga negara yang memiliki pengetahuan, keterampilan, dan nilai-nilai yang diperlukan untuk berpartisipasi aktif dalam komunitas mereka (Samsuri, 2011: 28).

Apakah pengertian dasar hukum Pendidikan Kewarganegaraan?

Pengertian Pendidikan Kewarganegaraan menurut Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah adalah mata pelajaran yang memfokuskan pada pembentukan warga negara yang memahami dan mampu melaksanakan hak-hak dan kewajibannya untuk menjadi warga

Untuk apa pendidikan Pancasila?

Tujuan Pendidikan Pancasila di Perguruan Tinggi Memberikan pemahaman dan penghayatan atas jiwa dan nilai-nilai dasar Pancasila kepada mahasiswa sebagai warga negara Republik Indonesia, serta membimbing untuk dapat menerapkannya dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

Apa tujuan mempelajari pendidikan Pancasila?

SK (surat keputusan) Dirjen Dikti nomor 356/Dikti/Kep/1995 menegaskan, tujuan pembelajaran Pancasila adalah membentuk sikap pandang agar mahasiswa dapat memahami, menghayati dan melaksanakan Pancasila dan UUD NRI Tahun 1945 dalam kehidupan sehari-hari sebagai warga negara RI yang berjiwa Pancasila, juga menguasai

Mengapa mahasiswa perlu memahami Pancasila secara filosofis?

Mengapa mahasiswa perlu memahami Pancasila secara filosofis? Alasannya karena mata kuliah Pancasila pada tingkat perguruan tinggi menuntut mahasiswa untuk berpikir secara terbuka, kritis, sistematis, komprehensif, dan mendasar sebagaimana ciri-ciri pemikiran filsafat.