Jawaban Cepat: Bagaimana Pengaruh Interaksi Antarruang Dalam Bidang Pendidikan?

Perubahan dalam bidang apa saja yang ditimbulkan oleh perubahan interaksi antar ruang?

KOMPAS.com – Enam perubahan akibat interaksi antarruang adalah berkembangnya pusat-pusat pertumbuhan, perubahan penggunaan lahan, perubahan orientasi mata pencaharian, berkembangnya sarana dan prasarana, perubahan sosial budaya, dan berubahnya komposisi penduduk.

Mengapa perbedaan karakteristik kondisi wilayah dapat mendorong terjadinya interaksi antar ruang?

Perbedaan karakteristik antarruang mendorong kita untuk pergi ke wilayah lain, misalnya untuk memenuhi kebutuhan, melakukan hubungan sosial, ekonomi, dan budaya, dsb. Karena perbedaan antarruang ini terjadilah interaksi atau kebergantungan antarruang.

Mengapa interaksi antar ruang dapat mempengaruhi kehidupan sosial?

Jawaban: Interaksi sosial mampu mempengaruhi kehidupan sosial, sebab interaksi sosial dapat menyebabkan perubahan sosial seperti akomodasi, kompromi, asimilasi, dan akulturasi.

You might be interested:  Bagaimana Hubungan Kurikulum Dengan Guru Dan Kualitas Pendidikan?

Bagaimana pengaruh perubahan dan interaksi ruang antarnegara terhadap kehidupan politik?

Politik: Interaksi ruang dan perubahan ruang dapat memicu timbulnya konflik sosoal dan integrasi sosial. Bahkan memicu terjadinya perang dingin antara negara tetangga.

Apa dampak interaksi antar ruang?

Interaksi antarruang memicu adanya pergerakan barang, manusia, dan informasi. Pemusatan aktivitas yang terjadi terus-menerus memicu munculnya pusat pertumbuhan baru yang mana menjadi titik temu dari banyaknya kepentingan untuk pemenuhan kebutuhan, baik barang maupun jasa.

Apa dampak dari interaksi antar ruang dalam terjadinya perubahan penggunaan lahan sawah jadi perumahan?

Perubahan penggunaan lahan Akibat interaksi antar ruang akan terjadi alih fungsi lahan dari lahan pertanian ke nonpertanian (permukiman, industri, perdagangan, jasa, dan lainnya). Aktivitas penduduk yang terus meningkat memerlukan lahan untuk menampung aktivitas itu.

Untuk terjadinya sebuah interaksi diperlukan beberapa kondisi kondisi apa saja sebutkan dan jelaskan?

Ada beberapa kondisi saling bergantung yang diperlukan untuk terjadinya interaksi antarruang atau interaksi keruangan, yaitu:

  1. Saling melengkapi (complementarity)
  2. Kesempatan antara (intervening opportunity)
  3. Kemudahan tranfer (transferability).

Mengapa manusia membutuhkan interaksi antar ruang?

Karena manusia hidup dalam suatu konsep ruang yang mana membutuhkan pola interaksi antar ruang. Misalnya: Jadi untuk memenuhi kebutuhannya, mereka saling berinteraksi dengan cara membarter antara sayuran dari wilayah A dan ikan dari wilayah B. Proses inilah yang dinamakan interaksi antar ruang.

Kapan kondisi saling melengkapi dalam interaksi antar ruang dapat terjadi?

Kondisi saling melengkapi terjadi apabila wilayah-wilayah menghasilkan komoditas yang berbeda. Apabila masing-masing wilayah mengalami kelebihan (surplus) produksi komoditas dan saling membutuhkan, maka terjadi interaksi di antara kedua wilayah tersebut.

Bagaimana interaksi antar negara dapat mempengaruhi ekonomi suatu negara?

Jawaban: kegiatan serta kejadian internasional/ interaksi antar negara akan memengaruhi ekonomi dalam negeri, melalui pengaruh nilai kurs mata uang pada impor, ekspor, dan akhirnya permintaan masyarakat.

You might be interested:  FAQ: Pekerjaan Yang Cocok Untuk Sarjana Pendidikan?

Apa saja faktor yang mempengaruhi perubahan ruang jelaskan?

Faktor yang dapat mempengaruhi perubahan ruang dan interaksi antar ruang anggota ASEAN, sebagai berikut:

  • Faktor iklim.
  • Faktor geologi.
  • Faktor ketersediaan Sumber Daya Alam.
  • Faktor transportasi dan teknologi.
  • Faktor teknologi komunikasi.

Mengapa interaksi antarruang dapat menyebabkan perubahan komposisi penduduk?

Jawaban: Sebab interaksi antaruang menyebabkan terjadinya gerak mobilitas penduduk baik yang keluar atau masuk pada suatu wilayah dan akibatnya komposisi penduduk yang menjadi tidak bersifat statis.

Bagaimana perubahan ruang benua Asia dan benua lainnya?

Di Asia dan benua lainnya, perubahan ruang terlihat dari adanya alih fungsi lahan dari hutan menjadi pertanian dan permukiman, serta dari pertanian menjadi permukiman. Di Eropa perubahan tersebut telah berlangsung lama dan meningkat saat revolusi industri.

Mengapa negara-negara asean terkadang mengalami perubahan iklim yang tidak terprediksi?

Negara – negara ASEAN terkadang mengalami perubahan iklim yang tidak terprediksi, sebagai akibat adanya perubahan pola penggunaan lahan dan perilaku yang menimbulkan pemanasan global. Perubahan iklim ini memicu terjadinya bencana alam klimatik atau bencana alam yang disebabkan kerusakan faktor-faktor iklim.

Mengapa interaksi antarruang dapat menyebabkan kestabilan nasional dapat terganggu jelaskan?

Jawaban: karena pengaruh negara terhadap negara lain yg sangat kuat sehingga kestabilan nasional terganggu.