Jawaban Cepat: Apa Itu Supervisi Pendidikan?

Apa tujuan supervisi dalam pendidikan?

Sahertian (2000) menyatakan bahwa tujuan supervisi adalah memberikan layanan dan bantuan untuk meningkatkan kualitas mengajar guru di kelas yang pada gilirannya untuk meningkatkan kualitas belajar peserta didik. Bukan saja memperbaiki kemampuan mengajar tetapi juga mengembangkan potensi kualitas guru.

Apakah yg menjadi inti dari suatu supervisi pendidikan secara umum?

Inti dari supervisi pada hakekatnya adalah memperbaiki hal belajar dan mengajar. Program ini dapat berhasil bila supervisor memiliki ketrampilan (skill) dan cara kerja yang efisien dalam kerjasama dengan orang lain (guru dan petugas pendidikan lainnya).

Siapa yang membuat supervisi pendidikan?

Setiap kepala sekolah idealnya membuat program kerja supervisi akademik yang meliputi supervisi bidang pembelajaran (kurikulum), sarana dan prasarana, peserta didik, hubungan kerjasama dengan industri, bursa kerja khusus, penelusuran tamatan, ketenagaan, serta administrasi dan tata usaha.

Apa makna dan tujuan dari supervisi pendidikan di madrasah sekolah?

Tujuan dari supervisi pendidikan adalah usaha untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dengan cara memberikan layanan dan bantuan untuk meningkatkan kualitas mengajar guru di kelas sehingga membantu guru mengmbangkan profesi, pribadi dan membantu kepala sekolah menyesuaikan program pendidikan yang sesuai dengan kondisi

You might be interested:  Tanya pembaca: Mengapa Jepang Melakukan Pembatasan Dan Pengendalian Pendidikan Di Indonesia?

Apa tujuan pokok dari supervisi?

Tujuan supervisi adalah memperkembangkan situasi belajar dan mengajar yang lebih baik. Usaha perbaikan belajar dan mengajar di tujukan kepada pencapaian tujuan akhir dari pendidikan yaitu pembentukan pribadi anak secara maksimal. Membantu guru dalam membimbing pengalaman belajar murid.

Apa sajakah yang menjadi sasaran supervisi pendidikan?

Sasaran supervisi pendidikan adalah proses pembelajaran peserta didik dengan tujuan meningkatkan mutu proses dan hasil pembelajaran. Proses pembelajaran dipengaruhi oleh banyak faktor, seperti guru, peserta didik, kurikulum, alat dan buku-buku pelajaran, serta kondisi lingkungan sosial dan fisik.

Apa saja objek supervisi pendidikan?

(Depdiknas, 2007:793) Maka Objek Supervisi Pendidikan adalah orang yang menjadi pokok pengawasan, penilaian dan pengamatan dalam proses pelaksanaan kegiatan pendidikan yakni proses pembelajaran di sekolah atau madrasah.

Proses dan langkah supervisi pendidikan?

Proses supervisi ada tiga tahapan yaitu: perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Teknik supervisi adalah cara-cara yang digunakan dalam kegiatan supervisi. Sedangkan teknik supervise pendidikan adalah suatu cara atau jalan yang digunakan supervisor pendidikan dalam memberikan pelayanan atau bantuan kepada para guru.

6 Apakah maksud dari supervisi pendidikan apa tugas supervisor pendidikan?

Dengan demikian, supervisi pendidikan adalah segala bantuan dari supervisor dan atau dari semua pemimpin kepala sekolah untuk memperbaiki manajemen pengelolaan sekolah dan meningkatkan kinerja staf/guru dalam menjalankan tugas, fungsi dan kewajibannya sehingga tujuan pendidikan dapat dicapai dengan optimal.

Kapan dilaksanakannya supervisi pendidikan?

Idealnya, supervisi dilaksanakan selama 2 kali dalam satu semester, di awal dan diakhir semester. Di awal semester, supervisi berfungsi untuk melihat kemampuan guru dalam melaksanakan tugas pembelajaran di dalam kelas. Untuk hal ini, beberapa sekolah menerapkan sistem delegasi kepada para guru senior.

You might be interested:  Sering ditanyakan: Mengapa Pendidikan Di Finlandia Bagus?

Siapakah supervisor yang melaksanakan supervisi akademik supervisi pembelajaran di sekolah?

Kepala sekolah adalah guru yang melaksanakan pekerjaan tambahan. kepala sekolah harus melaksanakan supervisi akademik terhadap guru dengan menggunakan pendekatan dan teknik supervisi yang tepat dan menindaklanjuti hasil supervisi akademik terhadap guru dalam rangka peningkatan profesionalisme guru.

Apa yang dimaksud dengan supervisi pendidikan dan apa pentingnya bagi para guru?

supervisi pendidikan merupakan pembinaan yang berupa bimbingan atau tuntunan ke arah perbaikan situasi pendidikan pada umumnya dan meningkatkan mutu mengajar dan belajar dan belajar pada khususnya. Karena semakin guru menguasai semua bidang supervisi pendidikan maka semakin tercapai tujuan pembelajaran yang baik.

Mengapa supervisi harus dilaksanakan pada lembaga pendidikan dan apakah tujuan terpenting dari kegiatan pelaksanaan supervisi?

Tujuan utama supervisi adalah memperbaiki pengajaran. Tujuan umum supervisi adalah memberikan bantuan teknis dan bimbingan kepada guru dan staf agar personil tersebut mampu meningkatkan kwalitas kinerjanya, dalam melaksanakan tugas dan melaksanakan proses belajar mengajar.

Menurut pendapat anda apa itu supervisi Apa tujuan dan manfaatnya?

Supervisi merupakan suatu usaha memberikan bantuan kepada guru untuk memperbaiki atau meningkatkan proses dan situasi belajar mengajar. Sasaran akhir dari kegiatan supervisi adalah meningkatkan hasil belajar siswa.