Jawaban Cepat: Apa Itu Pendidikan Kejuruan?

Apa definisi pendidikan kejuruan?

Pendidikan kejuruan adalah pendidikan menengah yang mempersiapkan peserta didik untuk dapat bekerja dalam bidangnya masing-masing. Sehingga peserta didik lulusan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) sudah siap bekerja sesuai bidangnya.

Apa yang dimaksud dengan kejuruan?

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), arti kata kejuruan adalah kepandaian khusus (pertukangan dan sebagainya). Arti lainnya dari kejuruan adalah keterampilan.

Apa saja yang termasuk pendidikan kejuruan?

Menurut penjelasan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Pasal 15, pendidikan kejuruan merupakan pendidikan menengah yang mempersiapkan peserta didik terutama untuk bekerja dalam bidang tertentu. Pendidikan kejuruan terdiri dari Sekolah Menengah Kejuruan, dan Madrasah Aliyah Kejuruan.

Apa yang dimaksud dengan pendidikan teknologi dan kejuruan?

merujuk pada segala bentuk dan jenjang dalam proses pendidikan yang melibatkan pengetahuan umum, studi teknologi dan sains terkait, serta penguasaan ketrampilan praktik, pengetahuan, perilaku dan pengertian terkait pekerjaan dalam berbagai sektor ekonomi dan kehidupan sosial”.

Siapa yang dikenal sebagai bapak pendidikan kejuruan?

Dr. Charles Allen Prosser adalah seorang praktisi dan akademisi Amerika Serikat yang sering dianggap sebagai bapak pendidikan kejuruan, terutama di Amerika.

You might be interested:  Pertanyaan: Konsep Pendidikan Yang Baik?

Apa yang dimaksud dengan pendidikan akademik?

Pendidikan Akademik merupakan sistem Pendidikan yang mengarah pada penguasaan dan pengembangan displin ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni tertentu.

Pencitraan itu apa sih?

Pencitraan adalah usaha untuk menonjolkan citra diri yang baik kepada publik. Kesan pencitraan adalah selama ini terkesan buruk karena banyak yang mempraktikkannya dengan kebohongan dan berlebihan.

Jurusan SMK itu apa saja?

Dilansir dari laman Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan (PSMK) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), ada 9 bidang keahlian di SMK.

  1. Seni Industri Kreatif.
  2. Agribisnis Agroteknologi.
  3. Kesehatan dan Pekerjaan Sosial.
  4. Pariwisata.
  5. Bisnis Manajemen.
  6. Teknologi dan Rekayasa.
  7. 7. Kemaritiman.
  8. Teknologi Informasi.

Apa arti dari terminologi?

Terminologi (bahasa Latin: terminus) atau peristilahan adalah ilmu tentang istilah dan penggunaannya. Istilah (bahasa Arab: اصطلاح‎, iṣṭilāḥ) adalah kata dan gabungan kata yang digunakan dalam konteks tertentu. Kajian terminologi antara lain mencakup pembentukannya serta kaitan istilah dengan suatu budaya.

Apa yang harus dilakukan untuk kemajuan SMK?

Progam Apa Yang Harus Dilakukan Untuk Kemajuan Sekolah SMK? ( Program Umum )

  1. Menyusun jadwal pelaksanaan kegiatan sekolah per semester dan Tahunan.
  2. melaksanakan kegiatan ekstra dan kokurikuler untuk para peserta didik.
  3. Membimbing guru pemula.

Apa inti dari kurikulum 13 SMK?

Inti dari Kurikulum 2013, adalah ada pada upaya penyederhanaan, dan tematik-integratif. Adapun obyek yang menjadi pembelajaran dalam penataan dan penyempurnaan kurikulum 2013 menekankan pada fenomena alam, sosial, seni, dan budaya.

Apa perbedaan antara SMA dan SMK?

Sekolah Menengah Atas ( SMA ): Mengutamakan teori, agar rata-rata lulusan mendapatkan nilai ujian dan pengetahuan yang baik dan memuaskan. SMK (Sekolah Menengah Kejuruan): Mengutamakan praktik vokasi, sehingga rata-rata lulusan sudah memiliki keahlian di suatu bidang.

You might be interested:  Negara Yang Pendidikan Terbaik?

Apa perbedaan antara pendidikan kejuruan dan pendidikan teknologi?

Pendidikan teknologi disediakan untuk para lulusan pasca sekolah menengah atau sederajat (post-secondary), sedangkan pendidikan kejuruan adalah untuk sekolah menengah. Pendidikan kejuruan merupakan pendidikan khusus/spesial yang sangat penting dalam suatu masyarakat umum, maupun masyarakat dunia usaha/pasar kerja.

Teknologi informasi dalam pendidikan kejuruan meliputi jurusan apa saja?

Teknologi dan Informatika sebagai salah satu bidang di SMK memiliki 2 program keahlian dengan rincian kompetensi keahlian/ jurusan sebagai berikut:

  • Teknik Komputer dan Informatika. Rekayasa Perangkat Lunak. Teknik Komputer dan Jaringan.
  • Teknik Telekomunikasi. Teknik Transmisi Telekomunikasi.

Apa yang dimaksud pendidikan teknologi?

Teknologi pendidikan adalah kajian dan praktik untuk membantu proses belajar dan meningkatkan kinerja dengan membuat, menggunakan, dan mengelola proses dan sumber teknologi yang memadai. Istilah teknologi pendidikan sering dihubungkan dengan teori belajar dan pembelajaran.