FAQ: Undang-Undang Yang Mengatur Tentang Pendidikan Pancasila?

Apa ketentuan Undang-Undang yang mengatur tentang pendidikan pancasila lengkap dengan bunyinya?

Pendidikan Pancasila merupakan salah satu mata kuliah wajib yang selalu ada di universitas. Ketentuan ini berdasarkan Pasal 35 Ayat 5 Undang-undang No.12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi. Dengan kata lain, pendidikan Pancasila adalah pendidikan ideologi di Indonesia.

Bagaimana dasar hukum yang mengatur tentang pendidikan pancasila wajib diberikan pada perguruan tinggi?

Dalam rangka menumbuhkan kesadaran dalam mempertahankan keutuhan bangsa dan tanah air Indonesia, maka pendidikan pancasila dibutuhkan di perguruan tinggi dengan landasan yuridis Undang-Undang Dasar 1945 pasal 31 ayat 1 yang isinya bahwa setiap warga negara berhak mendapatkan pendidikan.

Apa Undang-Undang yang mengatur tentang perkuliahan kewarganegaraan?

Undang – Undang RI No. 20 Tahun 2003 tentang Sisdiknas Pasal 37 Ayat (1) huruf b yang menyatakan bahwa kurikulum pendidikan dasar dan menengah wajib memuat pendidikan kewarganegaraan.

You might be interested:  FAQ: Apa Itu Inovasi Pendidikan?

Jelaskan apa itu pendidikan Pancasila?

Pendidikan Pancasila adalah mata kuliah pengembangan kepribadian yang menjelaskan tentang landasan dan tujuan, sejarah paham kebangsaan indonesia, pancasila sebagai sistem filsafat, pancasila sebagai ideologi nasional bangsa dan negara indonesia, pancasila dalam konteks kenegaraan RI, pancasila sebagai etika politik

Hal hal apa saja yang diharapkan dapat dicapai melalui pendidikan Pancasila?

Melalui Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, warga negara Republik Indonesia diharapkan mampu “memahami, menganalisa, dan menjawab masalah–masalah yang dihadapi oleh masyarakat, bangsa dan negaranya secara konsisten dan berkesinambungan dengan cita–cita dan tujuan nasional seperti yang digariskan dalam Pembukaan.

Hal apa yang melandasi penyelenggaraan pendidikan pancasila di perguruan tinggi?

Asas-asas hukum yang melandasi Pendidikan Pancasila di Perguruan Tinggi adalah asas kepentingan umum/kesejahteraan umum merupakan hukum tertinggi (salus publica suprema lex) dan asas adanya peraturan definitif.

Apa dasar hukum diberikan mata kuliah pendidikan Pancasila?

Dasar hukum Pendidikan Pancasila dan Konstitusi adalah: Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 (Pasal 24C). Peraturan Presiden Nomor 49 Tahun 2012 tentang Kepaniteraan dan Sekretariat Jenderal Mahkamah Konstitusi RI.

Apa dasar hukum diberikan mata kuliah Pendidikan Kewarganegaraan di perguruan tinggi?

Adapun landasan hukum pelaksanaan mata kuliah Pendidikan Kewarganegaraan. 1. Undang-Undang Dasar 1945. Pasal 27 (1) menyatakan bahwa “segala warga negara bersamaan kedudukannya di dalam hukum dan pemerintahan serta wajib menjunjung hukum dan pemerintahan itu dengan tidak ada kecualinya”.

Mengapa pendidikan kewarganegaraan penting dipelajari di perguruan tinggi?

Tujuan pendidikan kewarganegaraan adalah menciptakan warga negara yang memiliki wawasan kenegaraan, menanamkan rasa cinta tanah air, dan kebanggaan sebagai warga negara Indonesia dalam diri para generasi muda penerus bangsa.

You might be interested:  Sering ditanyakan: Bagaimana Penerapan Pendidikan Multikultural Di Indonesia?

Bagaimana urgensi Pendidikan Kewarganegaraan di negara Indonesia?

Urgensi Pendidikan Kewarganegaraan di Perguruan Tinggi adalah: (a) melahirkan warga negara yang memiliki wawasan kebangsaan dan bernegara, serta nasionalisme yang tinggi; (b) melahirkan warga negara yang memiliki komitmen kuat terhadap nilai-nilai HAM dan demokrasi, serta berpikir kritis terhadap permasalahannya; (c)

Apa Visi Misi Pendidikan Kewarganegaraan di perguruan tinggi?

Visi Pendidikan Kewarganegaraan di perguruan tinggi adalah sumber nilai dan pedoman dalam pengembangan dan penyelenggaraan program studi, guna mengantar mahasiswa memantapkan kepribadiannya sebagai manusia seutuhnya.

Mengapa harus ada pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dalam mata pelajaran di sekolah *?

Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan bermanfaat untuk membangun insan yang menekankan pada manusia yang berharkat, bermartabat, bermoral, dan memiliki jati diri serta karakter tangguh baik dalam sikap mental, daya pikir maupun daya ciptanya.

Apa tujuan mempelajari pendidikan Pancasila?

SK (surat keputusan) Dirjen Dikti nomor 356/Dikti/Kep/1995 menegaskan, tujuan pembelajaran Pancasila adalah membentuk sikap pandang agar mahasiswa dapat memahami, menghayati dan melaksanakan Pancasila dan UUD NRI Tahun 1945 dalam kehidupan sehari-hari sebagai warga negara RI yang berjiwa Pancasila, juga menguasai

Apa yg dimaksud dengan pendidikan Pancasila dan kewarganegaraan?

Pernyataan Lee tersebut bermakna bahwa Pendidikan Pancasila dan kewarganegaraan adalah suatu subjek pembelajaran yang menjadi sarana pengembangan kualitas warga negara melalui pembinaan karakter warga negara dan membentuk kepribadian bangsa dengan misi membangun warga negara yang sadar akan peran kedudukan serta

Mengapa pendidikan Pancasila harus Anda ulang lagi di perguruan tinggi?

”Mata kuliah Pancasila perlu diterapkan kembali agar mahasiswa sebagaipenerus bangsa tetap mengingat, mengetahui, paham, dan memperjuangkan bangsa Indonesia. Jika tidak ada mata kuliah tersebut, akan memungkinkan para generasi muda melupakan falsafah negara, sejarah, budaya Indonesia.