FAQ: Kompetensi Yang Diharapkan Dari Pendidikan Pancasila?

Apa yang diharapkan dari pendidikan Pancasila?

Melalui pendidikan pancasila warga Negara Indonesia diharapkan mampu memahami, menganalisis dan menjawab masalah-masalah yang dihadapi oleh masyarakat bangsanya secara berkesinambungan dan konsisten berdasarkan cita-cita dan tujuan bangsa Indonesia.

Kompetensi apa yang diharapkan dari Pendidikan Kewarganegaraan?

Menurut Sumarsono, dkk (2002) kompetensi Pendidikan Kewarganegaraan adalah seperangkat tindakan cerdas, penuh rasa tanggungjawab, dapat memecahkan masalah hidup bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara dengan menerapkan konsepsi falsafah bangsa, wawasan nusantara, dan ketahanan nasional, sedangkan menurut SK Dirjen

Jelaskan apa yang dimaksud dengan Pendidikan Kewarganegaraan?

Berbeda dengan pendapat di atas, pendidikan kewarganegaraan didefinisikan sebagai mempersiapkan kaum muda (siswa) untuk menjadi warga negara yang memiliki pengetahuan, keterampilan, dan nilai-nilai yang diperlukan untuk berpartisipasi aktif dalam komunitas mereka (Samsuri, 2011: 28).

Apa tujuan utama Pendidikan Kewarganegaraan dan kompetensi yang di harapkan?

Tujuan utama Pendidikan Kewarganegaraan adalah untuk menumbuhkan wawasan dan kesadaran bernegara, sikap serta prilaku yang cinta tanah air dan bersendikat kebudayaan bangsa, wawasan nusantara serta ketahanannasional dalam diri para mahasiswa calon sarjana/ilmuan warga Negara NKRI yang sedang mengkaji dan akan menguasai

You might be interested:  Pertanyaan: Asuransi Pendidikan Yang Bagus Buat Anak?

Mengapa pendidikan Pancasila harus Anda ulang lagi di Perguruan Tinggi?

”Mata kuliah Pancasila perlu diterapkan kembali agar mahasiswa sebagaipenerus bangsa tetap mengingat, mengetahui, paham, dan memperjuangkan bangsa Indonesia. Jika tidak ada mata kuliah tersebut, akan memungkinkan para generasi muda melupakan falsafah negara, sejarah, budaya Indonesia.

Mengapa pendidikan Pancasila sangat penting untuk diajarkan pada berbagai jenjang pendidikan khususnya pada Perguruan Tinggi?

Tujuan pendidikan Pancasila di Perguruan Tinggi adalah untuk: Memberikan pemahaman dan penghayatan atas jiwa dan nilai-nilai dasar Pancasila kepada mahasiswa sebagai warga negara Republik Indonesia, serta membimbing untuk dapat menerapkannya dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

Apa tujuan dari pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan?

Tujuan pendidikan kewarganegaraan adalah menciptakan warga negara yang memiliki wawasan kenegaraan, menanamkan rasa cinta tanah air, dan kebanggaan sebagai warga negara Indonesia dalam diri para generasi muda penerus bangsa.

Uraikan apa intisari yang anda dapat dari belajar pkn?

Tujuan umum pelajaran PKn ialah mendidik warga negara agar menjadi warga negara yang baik, yang dapat dilukiskan dengan “warga negara yang patriotik, toleran, setia terhadap bangsa dan negara, beragama, demokratis, dan Pancasila sejati” (Somantri, 2001:279).

1 Jelaskan apa yang dimaksud dengan Pendidikan Kewarganegaraan dan tujuan dari Pendidikan Kewarganegaraan?

Pengertian Pendidikan Kewarganegaraan adalah pendidikan politik yang bertujuan demi membantu peserta didik agar mejadi seorang warga negara yang memiliki pengetahuan politik secara dewasa serta mampu berpartisipasi dalam membangun sistem politik yang demokratis.

Apakah Pendidikan Kewarganegaraan saat ini masih relevan untuk diajarkan?

Jawaban: Pendidikan kewarganegaraan adalah pendidikan yang masih relevan saat ini. Hal ini karena bahkan dengan kemajuan iptek dan modernisasi Indonesia, kita masih membutuhkan pendidikan kewarganegaraan.

You might be interested:  Sering ditanyakan: Dampak Pertumbuhan Penduduk Yang Tinggi Terhadap Pendidikan?

Bagaimana relevansi Pendidikan Kewarganegaraan dalam kehidupan bernegara di era sekarang ini?

Dengan adanya Pendidikan Kewarganegaraan dapat menumbuhkan rasa kesadaran berbangsa dan bernegara, cinta tanah air, dan menjadi warga negara yang berperan aktif dalam membangun negara dengan berlandaskan Pancasila. Jadi, Pendidikan Kewarganegaraan berperan penting dalam kehidupan bernegara sekarang ini.