FAQ: Kemampuan Yang Harus Dimiliki Supervisor Pendidikan?

Apa itu supervisor dalam pendidikan?

Supervisi pendidikan sebagai suatu proses pemberian bantuan atau bimbingan kepada guru, baik yang bersifat teknis administrasi maupun bersifat edukatif, (berkaitan dengan peningkatan mutu proses pembelajaran) tentunya akan mengandung beberapa unsur; yaitu supervisor sebagai pejabat yang bertugas memberi bimbingan,

Siapa saja yang bisa menjadi supervisor dalam pendidikan?

Keputusan Menteri P dan K, RI.Nomor: 0134/1977, yang menyebutkan siapa saja yang berhak disebut supervisor di sekolah, yaitu kepala sekolah, penilik sekolah untuk tingkat kecamatan dan para pengawas di tingkat kabupaten/ kotamadya serta staf kantor bidang yang ada di setiap provinsi.

Apa peran supervisor pendidikan?

Supervisor atau Pengawas satuan pendidikan /sekolah adalah pejabat fungsional yang berkedudukan sebagai pelaksana teknis untuk melakukan pengawasan pendidikan terhadap sejumlah sekolah tertentu yang ditunjuk/ditetapkan dalam upaya meningkatkan kualitas proses dan hasil belajar/bimbingan untuk mencapai tujuan pendidikan.

Kriteria yang bagaimanakah yang harus dimiliki oleh seorang pengawas supervisor pendidikan?

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 12 Tahun 2007 tentang Standar Pengawas Sekolah/Madrasah menegaskan bahwa seorang pengawas harus memiliki 6 (enam) kompetensi minimal, yaitu kompetensi kepribadian, supervisi manajerial, supervisi akademik, evaluasi pendidikan, penelitian dan pengembangan serta kompetensi

You might be interested:  Pertanyaan: Apa Saja Bidang Pendidikan?

6 Apakah maksud dari supervisi pendidikan apa tugas supervisor pendidikan?

Dengan demikian, supervisi pendidikan adalah segala bantuan dari supervisor dan atau dari semua pemimpin kepala sekolah untuk memperbaiki manajemen pengelolaan sekolah dan meningkatkan kinerja staf/guru dalam menjalankan tugas, fungsi dan kewajibannya sehingga tujuan pendidikan dapat dicapai dengan optimal.

Apa syarat menjadi supervisor?

Berikut adalah beberapa syarat atau kualifikasi yang dibutuhkan untuk menjadi Supervisor di restoran:

  1. Memiliki pengalaman di bidang restoran minimal 2 tahun.
  2. Berjiwa pemimpin.
  3. Berpenampilan menarik.
  4. Pandai berkomunikasi.
  5. Lulus SMK atau sederajat.
  6. Bisa komputer.
  7. Menguasai bahasa asing.

Siapa saja yang melakukan pengawasan pendidikan?

Seseorang yang diberi tugas tersebut disebut pengawas atau supervisor. Dalam bidang kependidikan dinamakan pengawas sekolah atau pengawas satuan pendidikan. Pengawasan perlu dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan mutu pendidikan secara berkesinambungan pada sekolah yang diawasinya.

Siapa yang menjadi supervisor pada supervisi akademik?

Pendapat diatas menjelaskan bahwa supervisi akademik adalah kegiatan yang dilakukan oleh supervisor yaitu seorang ahli yang ditunjuk/dipercaya untuk memberikan bantuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Berbeda dalam konsep Islam, supervisornya adalah Allah SWT secara langsung.

Jadi supervisor harus lulusan apa?

Syarat dan kualifikasi supervisor Pendidikan D3/S1 ( Jurusan sesuai dengan bidang kerjanya) Berpengalaman dalam bidang kerja yang jadi perannya (misalnya untuk supervisor toko, maka harus punya pengalaman kerja di toko) Mampu mempelajari dan memahami berbagai deskripsi pekerjaan dengan mudah.

Apa peran pengawas sebagai supervisor?

Sebagai supervisor akademik, pengawas sekolah berkewajiban untuk membantu kemampuan profesional guru agar guru dapat meningkatkan mutu proses pembelajaran. Peranan pengawas hendaknya menjadi konsultan pendidikan yang senantiasa menjadi pendamping bagi guru dalam meningkatkan mutu pendidikan.

Apa saja peran kepala sekolah sebagai supervisor?

Berdasarkan temuan dalam hasil penelitian pada SDN Roja 1 Ende, diketahui bahwa fungsi dari kepala sekolah sebagai supervisor adalah: a) memberikan pengarahan, bimbingan, pelayanan dan pengawasan kepada warga sekolah baik guru, pegawai maupun peserta didik, b) memberikan pembinaan kepada guru-guru sehingga

You might be interested:  Pertanyaan: Nama Kualifikasi Pendidikan Yang Dilamar?

Apa itu supervisi dan supervisor?

Supervisi berarti melihat dari atas atau menilik pekerjaan secara keseluruhan. Orang yang melakukan kegiatan supervisi ini disebut supervisor. Pengertian di atas menunjukkan bahwa supervisor adalah orang yang melakukan aktivitas.

2 Siapa saja yang dapat menjadi supervisor dan kompetensi apa saja yang harus dimiliki seorang supervisor?

Skill Penting Yang Harus Dimiliki Seorang Supervisor

  • Skill Komunikasi.
  • Penyelesaian Konflik.
  • Kepemimpinan.
  • 4. Berpikir Kritis.
  • Kemampuan Interpersonal.
  • 6. Manajemen Waktu dan Prioritas.
  • 7. Keanekaragaman and Perbedaan Generasi Pada Lingkungan Kerja.
  • Kemampuan “Problem Solving”

Kompetensi apa saja yang harus dimiliki oleh pengawas sekolah?

Peraturan Menteri Diknas Nomor 12 Tahun 2007, tentang Standar Pengawas mencantumkan enam macam kompetensi yang harus dimiliki pengawas pendidikan adalah, kompetensi kepribadian, supervisi manajemen, supervisi akademik, evaluasi pendidikan, penelitian dan pengembangan, dan sosial.

Apa sajakah kompetensi pengawas sekolah?

“ Pengawas Sekolah harus memenuhi kompetensi kepribadian, supervisi manajerial, supervisi akademik, evaluasi pendididkan, penelitian dan pengembangan, serta sosial,” kata Nana di Aula SD BPI Kota Bandung, Rabu (24/03/2021).