Mengapa Kita Harus Berbuat Baik Menurut Islam?

Ada empat hal alasan mengapa kita harus berbuat baik: 1. Kita diciptakan Allah untuk berbuat baik supaya kita hidup didalamNya (Efesus 2:10). Kita harus melakukan teladan hidup Yesus Kristus. 2.
Nah, berbuat baik kepada sesama adalah salah satu cara mengingat nikmat pemberian Allah SWT. Menolong sesama dan tidak menzalimi orang lain merupakan tindakan sederhana yang membantu kita untuk tidak mengingkari nikmat dari Allah SWT serta menjadi cerminan kebaikan yang datang dari Allah SWT.

Apakah perilaku seorang Muslim harus mencerminkan sikap berbuat baik kepada orang lain?

Nah, dari sini bisa kita pahami bahwa perilaku seorang muslim harus mencerminkan sikap berbuat baik kepada orang lain, yaitu tidak menyakiti dengan perkataan ataupun perbuatannya, terutama yang merugikan orang lain, misalnya seperti membuat berita bohong yang dapat merugikan banyak orang.

Mengapa perbuatan baik terus dilakukan dan menjadi kebiasaan?

Jika perbuatan baik tersebut terus dilakukan dan menjadi kebiasaan, Allah akan memberikan hikmah dan ilmuNya sebagai balasan perbuatan baik. Allah Swt. tidak pernah memerintahkan manusia untuk saling bermusuhan, membunuh atau saling merusak milik orang lain, baik terhadap milik sesama muslim maupun milik orang lain yang bukan muslim.