Mengapa Bangsa Spanyol Ingin Menguasai Maluku?

Jawab: Bangsa Partugis, Spanyol, dan Inggris ingin menguasai Maluku karena Maluku merupakan daerah penghasil rempah-rempah.

Mengapa bangsa Portugis dan Spanyol ingin menguasai Maluku?

Alasan bangsa Portugis ingin menguasai Maluku adalah untuk memonopoli perdagangan rempah-rempah, khususnya cengkih dan pala. Dalam perjalanan, salah satu kapal yang memuat perbekalan tenggelam di Madura. Sementara dua lainnya berhasil mendarat di Kepulauan Banda, yang menjadi pusat produksi pala.

Apa yang melatarbelakangi Spanyol masuk ke wilayah Indonesia?

Tempat/Daerah: Bangsa Spanyol pertama mendarat di Indonesia di wilayah Tidore, Maluku. Tujuan: Bangsa Spanyol ingin memperoleh keuntungan dan kekayaan dari perdagangan rempah-rempah dari Indonesia. Peristiwa-peristiwa penting yang terjadi: Bangsa Portugis merasa tersaingi dan menentang kedatangan Spanyol.

Mengapa kedatangan Spanyol di Maluku memicu terjadinya konflik antara Portugis dan Spanyol?

Jawaban. penyebabnya yaitu orang Spanyol senang berdagang di Maluku sehingga jumlahnya semakin banyak. Bagi Portugis, kehadiran Spanyol merupakan pelanggaran atas hal monopolinya. Akibatnya, timbul persaingan antara Portugis dan pedagang Spanyol.

You might be interested:  Mengapa Tidak Boleh Menyapu Di Malam Hari?

Mengapa kedatangan Spanyol mengakibatkan ke wilayah Maluku mengakibatkan konflik jelaskan?

Kedatangan Spanyol mengakibatkan Konflik

Kepulauan Maluku yang kaya akan rempah-rempahnya telah diakuisisi oleh Portugis. Dengan adanya pengambilalihan wilayah yang dilakukan oleh pihak Portugis, maka bangsa mana pun tidak berhak mengklaimnya.

Mengapa Portugis sangat berambisi untuk menguasai wilayah Maluku?

Awalnya mereka hanya ingin berdagang rempah-rempah, namun lama kelamaan bansa Eropa terutama Belanda, menginginkan untuk menguasai nusantara sepenuhnya. Bangsa Portugis pertama kali berekspedisi ke Maluku (Ternate) karena tidak puas hanya menguasai daerah Malaka.

Mengapa Portugis sangat berambisi untuk menguasai wilayah Maluku *?

Tujuan Portugis adalah menguasai daerah-daerah penghasil rempah-rempah, sehingga Portugis tidak segan-segan menyerang dan menaklukkan kota-kota pelabuhan yang tidak mau tunduk.

Apa yang melatarbelakangi bangsa Portugis dan Spanyol datang ke Nusantara?

KOMPAS.com – Peristiwa yang melatarbelakangi datangnya bangsa eropa khususnya portugis dan spanyol ke dunia timur adalah jatuhnya Konstantinopel (pusat pemerintahan Romawi Timur) ke tangan Turki Ottoman pada 1453.

Apa saja yang melatarbelakangi kedatangan bangsa Eropa ke Indonesia?

Secara umum, kedatangan bangsa Eropa ke Asia termasuk ke Indonesia dilandasi keinginan mereka untuk berdagang,dan menyebarkan agama. Sebab dan tujuan bangsa Eropa ke dunia Timur sebagai berikut : Mencari kekayaan termasuk berdagang. Menyalurkan jiwa penjelajah.

Apa tujuan Portugis dan Spanyol datang ke Indonesia?

tujuan datangnya Portugis dan Spanyol ke Indonesia adalah untuk memperoleh kekayaan, kejayaan, dan menyebarkan agama Kristen Katolik.

Bagaimana cara memecahkan konflik perseteruan antara Portugis dan Spanyol di Maluku?

Untuk Menyelesaikan Konflik Antara Portugis Dan Spanyol Di Maluku Diadakan Perjanjian Saragosa.

Apa yang melatarbelakangi Perjanjian Saragosa bagi Portugis dan Spanyol?

Latar belakang

You might be interested:  Mengapa Otot Bisa Bergerak?

Perjanjian ini adalah kelanjutan dari Perjanjian Tordesillas yang mengakibatkan Spanyol berkuasa atas sisi barat, sementara Portugis mendapat sisi timur. Kondisi ini membuat Portugis berlayar ke arah Afrika, mengitari pantai barat benua itu dan menemukan India.

Kedatangan Spanyol dapat membuat konflik di antara ke dua negara di mana Portugis menuduh Spanyol melanggar Perjanjian Tordesillas yang isinya?

portugis menuduh spanyol melanggar perjanjian tordesillas. konflik tersebut pun dapat diatasi dengan diadakannya perjanjian saragosa, yang isinya antara lain spanyol meninggalkan pulau maluku.