Kapan Terjadinya Peristiwa Nuzulul Quran?

Terdapat beragam pendapat soal kapan sebenarnya peristiwa Nuzulul Quran. Mayoritas berkeyakinan bahwa peristiwa tersebut terjadi pada 17 Ramadan. Nuzulul Quran adalah peristiwa awal turunnya Al Qur’an kepada Nabi Muhammad saw berupa Surah Al Alaq ayat 1-5.

Apa yang dimaksud dengan peristiwa Nuzulul Quran?

Ustadz Ahmad Sarwat menjelaskan peristiwa Nuzulul Quran atau turunnya Alquran terjadi dalam dua periode. Periode pertama adalah proses turunnya Alquran dari sisi Allah SWT ke langit dunia. Sedangkan periode kedua adalah saat Alquran turun dari langit dunia ke Bumi kepada Nabi Muhammad SAW.

Apa itu Nuzulul Quran?

Nuzulul Quran adalah peristiwa turunnya Alquran. REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Peringatan Nuzulul Quran atau turunnya Alquran biasanya menjadi agenda wajib bagi sebagian besar masyarakat Indonesia. Momen yang biasanya digelar pada 17 bulan suci Ramadhan ini biasa dilakukan dengan beragam kegiatan seperti ceramah atau pengajian.

Apa itu Nuzuul Quran periode pertama?

“Periode pertama dari sisi Allah atau dari Lauhil Mahfuz ke langit dunia, itu yang disbut sebagai Nuzuul Quran periode pertama. Dan itulah yang dikatakan terjadi pada Lailatul qadar. Secara timeline bukan yang terjadi pada zaman Nabi Muhammad,” jelasnya, Rabu (28/4). “Bukan ketika Nabi menerima wahyu di gua Hira itu, bukan.

Apa yang dimaksud dengan peringatan Nuzulul Quran?

Tradisi peringatan Nuzulul Quran yang biasa dilakukan masyarakat Indonesia pada tanggal 17 Ramadhan, katanya, merujuk pada Nuzulul Quran atau proses turunnya Alquran pada periode kedua. Pada periode ini Alquran turun kepada Nabi Muhammad SAW.