Kapan Sidang Bpupki Dan Apa Hasilnya?

Usulan Dasar Negara Ir. Soekarno pada 1 Juni 1945 Pada sidang pertama ditetapkan Pancasila sebagai nama dasar negara Indonesia. Kemudian 1 Juni 1945 ditetapkan sebagai hari lahirnya Pancasila. Bertepatan pada 1 Juni 1945, BPUPKI membentuk panitia yang jumlahnya ada 9 orang.

Kapan sidang resmi BPUPKI?

BPUPKI kembali menggelar sidang resmi untuk kedua kalinya yang dilaksanakan tanggal 10-17 Juli 1945 di tempat yang sebelumnya untuk menghelat sidang pertama sama, yakni Gedung Chuo Sangi In (kini Gedung Pancasila), Jakarta Pusat. Rancangan undang-undang dasar. Rancangan bentuk negara, wilayah negara dan kewarganegaraan.

Apa yang dimaksud dengan sidang BPUPKI?

Sidang BPUPKI yang pertama kali dilaksanakan secara resmi ini berlangsung sampai dengan tanggal 1 Juni 1945. Dalam sidang ini dibahas berbagai agenda dan juga pembahasan yang bertujuan untuk merumuskan dasar negara Indonesia, membahas bentuk negara Indonesia serta filsafat negara ‘Indonesia Merdeka’.

Kapan Sidang Kedua BPUPKI dibuka?

Sidang kedua BPUPKI dimulai pada tanggal 10 Juli 1945, yang dibuka dengan laporan dari Soekarno, selaku ketua Panitia Kecil yang dibentuk pada sidang pertama. Soekarno melaporkan dua hal penting, yaitu:

You might be interested:  Mengapa Indonesia Merdeka Pada Tanggal 17 Agustus 1945?

Kapan sidang BPUPKI dilaksanakan?

Jakarta – Sidang BPUPKI dilaksanakan sebanyak dua kali sebelum kemerdekaan Indonesia. Siang pertama dilaksanakan tanggal 29 Mei-1 Juni 1945, sedangkan sidang kedua dilaksanakan pada 10-16 Juli 1945. BPUPKI atau dalam bahasa Jepang disebut sebagai Dokuritsu Junbi Cosakai didirikan oleh Letnan Jenderal Kumakichi Harada pada 1 Maret 1945.

Apa hasil sidang BPUPKI 1 dan 2?

Simpulan: Sidang pertama BPUKI merumuskan rancangan UUD lewat bantuan panitia 9. Pada sidang kedua, BPUPKi merumuskan 3 bagian pokok yang akan dicantumkakn sebagai dasar negara, yakni pernyataan kemerdekaan Indonesia, pembukaan, dan batang tubuh undang-undang dasar.

Apa hasil sidang kedua BPUPKI?

Hasil sidang kedua BPUPKI. Setelah pembahasan panjang, akhirnya pada tanggal 16 Juli 1945 BPUPKI menyetujui undang-undang dasar negara. Isi rancangannya adalah sebagai berikut. Dengan disepakatinya RUU, maka tugas BPUPKI sudah selesai.

Kapan sidang BPUPKI terjadi?

Sidang resmi pertama BPUPKI dilaksanakan tanggal 29 Mei -1 Juni 1945 di Gedung Cuo Sangi In (sekarang Gedung Pancasila), di Jalan Taman Pejambon, Jakarta Pusat.

Kapan sidang 1 dan 2 BPUPKI?

Sidang BPUPKI adalah sidang yang diadakan untuk merumuskan dasar negara Indonesia. Waktu persidangan BPUPKI yaitu 29 Mei-1 Juni 1945 (sidang pertama), 10-17 Juli 1945 (sidang kedua), dan 2 Juni-9 Juli (sidang tidak resmi, yang berlangsung antara sidang resmi pertama dan kedua).

Apa hasil sidang BPUPKI 2 brainly?

Jawaban: Hasil sidang BPUPKI kedua adalah pembahasan rancangan undang-undang dasar (UUD), bentuk negara, pernyataan merdeka, wilayah negara dan kewarganegaraan Indonesia. Dalam rapat ini dibentuk panitia perancang undang-undang dasar (UUD) dengan 19 anggota yang diketuai oleh Ir. Soekarno.

Apa saja hasil sidang BPUPKI?

Agenda dari sidang pertama BPUPKI adalah merumuskan dasar falsafah negara Indonesia yang akan dibentuk. Atas usulan dari teman Ir. Soekarno yang seorang ahli bahasa, kelima dasar negara yang diusulkan olehnya dinamakan Pancasila. OIeh karena itu, pada 1 Juni 1945 dikenal sebagai hari lahirnya Pancasila.

You might be interested:  Mengapa Pulau Nias Banyak Dikunjungi Wisatawan Mancanegara?

Apa hasil sidang BPUPKI brainly?

Sidang pertama BPUPKI dilaksanakan pada tanggal 29 Mei 1945 sampai 1 Juni 1945 dan dihadiri anggota BPUPKI. Hasil sidang BPUPKI pertama adalah perumusan sebuah Dasar Negara Indonesia yaitu Pancasila. Sidang kedua BPUPKI dilaksanakan pada tanggal 10 Juli 1945 sampai 14 Juli 1945.

Apa pembahasan sidang tanggal 15 Juli 1945?

Sidang kedua BPUPKI dilanjutkan dengan rapat besar tanggal 15 dan 16 Juli 1945. Pada tanggal 15 Juli 1945 agenda sidang adalah pembahasan lanjutan rancangan undang-undang dasar negara. Ir. Soekarno menyampaikan penjelasan tentang naskah rancangan undang-undang dasar dan mendapat tanggapan dari Moh. Hatta.

Kapan sidang BPUPKI ke 2?

Badan Penyelidik Usaha-Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia mengadakan dua sidang sebelum 17 Agustus 1945. Sidang BPUPKI pertama dilaksanakan tanggal 29 Mei 1945 sampai 1 Juni 1945. Sidang BPUPKI kedua berlangsung tanggal 10-17 Juli 1945.

Apa hasil sidang PPKI tanggal 18 Agustus?

Memilih Soekarno-Hatta sebagai Presiden dan Wakil Presiden RI. Hasil sidang PPKI pertama adalah memilih Ir. Soekarno sebagai presiden dan Mohammad Hatta sebagai wakil presiden.

Kapan sidang BPUPKI dan PPKI?

BPUPKI memulai sidang pertama pada tanggal 28 Mei 1945, PPKI tanggal 18 Agustus 1945.

Peristiwa apa yang terjadi pada tanggal 29 Mei 1945?

1) Mr. Muhammad Yamin, menyampaikan pidatonya pada tanggal 29 Mei 1945 berjudul “Azas dan Dasar Negara Indonesia Merdeka”. Negara Indonesia Merdeka”.

Apakah hasil sidang pertama PPKI?

Seperti yang disinggung di atas, hasil sidang PPKI Tanggal 18 Agustus 1945 di antaranya, pertama mengesahkan Undang-Undang Dasar 1945. Kedua, mengangkat Soekarno dan Hatta sebagai Presiden dan Wakil Presiden. Hasil ketiga, membentuk Komite Nasional Indonesia Pusat.