Kapan Mengkonsumsi Vitamin D?

Dosis vitamin D yang dianjurkan berdasarkan Angka Kecukupan Gizi dari Kementerian Kesehatan adalah 15 mikrogram (mcg) per hari untuk anak-anak dan orang dewasa. Bagi orang lanjut usia perlu mencukupi kebutuhan vitamin D harian sebesar 20 mcg. Untuk memastikan keamanannya, Anda tidak boleh mengonsumsi lebih dari 100 mcg vitamin D atau per hari.

Apakah harus mengonsumsi suplemen vitamin D?

Jangan mengonsumsi suplemen vitamin D jika Anda alergi terhadap vitamin D. Jangan mengonsumsi suplemen vitamin D jika Anda menderita penumpukan vitamin D dalam tubuh (hipervitaminosis), tingginya kadar kalsium dalam darah (hiperkalsemia), atau malabsorbsi makanan.

Mengapa suplemen vitamin dan mineral dikonsumsi?

Perlu diingat bahwa suplemen vitamin dan mineral dikonsumsi untuk memenuhi kebutuhan tubuh terhadap vitamin dan mineral, terutama ketika asupan vitamin dan mineral dari makanan saja tidak cukup.

Apa yang harus dilakukan jika menderita kekurangan vitamin D?

Jika didiagnosis menderita kekurangan vitamin D, dokter kemungkinan akan menyarankan konsumsi suplemen vitamin D setiap hari, baik dalam bentuk tablet atau cairan vitamin D dosis tinggi. Anda juga harus memastikan mendapatkan vitamin D melalui sinar matahari dan makanan jika sudah dipastikan tidak mengalami variasi gen.