Kapan Melaksanakan Sholat Gerhana Bulan?

Shalat gerhana dilakukan sejak terjadinya gerhana hingga bulan muncul kembali. Apabila bulan sudah muncul kembali, waktu pelaksanaan shalat gerhana sudah habis dan tidak disunnahkan qodho.

Bagaimana cara Sholat gerhana bulan?

Dianjurkan mendengarkan 2 khutbah tausiyah Saat terjadi gerhana bulan, Rasulullah SAW menganjurkan amalan-amalan yang bisa dilakukan, seperti memperbanyak dzikir, istighfar, takbir, sedekah dan bentuk ketaatan lainnya. Dengan mengetahui ketentuan dan tata cara sholat gerhana, semoga kita tidak malas sholat lagi ya jika terjadi fenomena alam ini.

Bagaimana sholat gerhana saat terjadi gerhana?

Menurut buku 33 Macam Jenis Shalat Sunnah karya Muhammad Ajib, Lc, MA, para ulama telah sepakat saat terjadi gerhana, sebaiknya disegerakan untuk sholat gerhana secara berjamaah. Perintah untuk melaksanakan sholat gerhana saat terjadinya gerhana pun diriwayatkan dalam sebuah hadits dari ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha, Rasulullah SAW bersabda:

Berapa rakaat sholat gerhana?

Sholat gerhana dilaksanakan sebanyak dua rakaat. Bacaan niat yang dilafalkan adalah sebagai berikut: Arab latin: Ushallî sunnatal khusûf rak’ataini imâman/makmûman lillâhi ta’âlâ Artinya: ‘Saya shalat sunah gerhana bulan dua rakaat sebagai imam/makmum karena Allah SWT.’

Kapan shalat gerhana 2021?

PIKIRAN RAKYAT- Menyambut Gerhana Bulan Sebagian yang akan terjadi pada hari Jumat, 19 November 2021, umat Muslim dianjurkan untuk melaksanakan salat gerhana.

You might be interested:  Mengapa Kegiatan Ekonomi Di Indonesia Sangat Beragam?

Apakah wajib sholat gerhana bulan?

JAKARTA, iNews.id – Hukum shalat gerhana bulan menurut madzhab Syafi’i dan Hambali adalah sunnah muakkadah.

Berapa kali sholat gerhana bulan?

Jumlah rokaat shalat gerhana adalah dua, dengan empat Al Fatihah dan empat bacaan surat.

Bolehkah shalat gerhana bulan sendiri?

Dan bisa dilaksanakan secara munfarid/sendirian, dan hukumnya masih sunah. Habib Syekh Al-Kaff mengatakan di halaman 347; Artinya: Hukum shalat gerhana bulan itu sunah, meskipun dikerjakan secara sendiri, dan makruh hukumnya meninggalkan shalat gerhana bulan.

Shalat gerhana bulan apakah harus berjamaah?

Shalat gerhana dapat dilakukan baik secara sendirian maupun berjamaah di rumah, masjid, atau lapangan.

Jika tidak melihat gerhana apakah tetap shalat?

Riwayat di atas menegaskan bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam mengkaitkan disyariatkannya saalat gerhana ketika seseorang melihat peristiwa itu. Sementara mereka yang tidak melihat peristiwa gerhana itu, tidak disyariatkan untuk melakukan salat gerhana, seperti dikutip Konsultasi Syariah.

Kenapa gerhana bulan harus shalat?

JAKARTA, iNews.id – Keutamaan sholat gerhana bulan maupun gerhana matahari yakni menghadirkan rasa takut kepada Allah dan mempertebal iman atas peristiwa alam yang terjadi. Selain itu, mengingat tanda-tanda kejadian hari kiamat dan takut dengan azab Allah atas dosa-dosa yang dilakukan.

Apa keutamaan shalat gerhana?

JAKARTA, iNews.id – Keutamaan shalat gerhana baik saat terjadi gerhana bulan (khusuf) maupun gerhana matahari (kusuf) yakni menghadirkan rasa takut kepada Allah dan mempertebal iman.

Bolehkah shalat gerhana tanpa khutbah?

Artinya, salat gerhana bulan yang dikerjakan sendirian, tidak perlu memakai khutbah. Pasalnya, khutbah dalam salat gerhana bulan hukumnya sunah. Jadi shalat tetap sah.