Kapan Bahasa Indonesia Baku Digunakan?

Pertama, baik secara lisan maupun tulisan, kata baku digunakan dalam situasi resmi, seperti surat menyurat dinas, perundang-undangan, karangan ilmiah, laporan penelitian dan lainnya. Ragam bahasa baku tidak diwarnai atau dicampuri oleh dialek atau logat tertentu.

Apa itu kata baku bahasa Indonesia?

Kata baku bahasa Indonesia memiliki beberapa fungsi atau peran tertentu. Kata baku ini biasanya digunakan dalam acara atau kegiatan formal berupa lisan maupun tulisan. Bahkan orang-orang Indonesia sendiri nampaknya sedikit merasa aneh jika menggunakan bahasa-bahasa baku dalam pergaulan sehari-hari.

Apa fungsi bahasa baku?

Menurut Hasan Alwi, dkk (2003:15) bahasa baku mendukung empat fungsi, yaitu: Fungsi pemersatu. Indonesia terdiri dari beragam suku dan bahasa daerah. Jika setiap masyarakat menggunakan bahasa daerahnya, maka dia tidak dapat berkomunikasi dengan masyarakat dari daerah lain.

Mengapa kita harus menggunakan bahasa baku?

Kata baku dapat menjadi acuan benar atau tidaknya bahasa yang digunakan oleh seseorang. Orang lain dapat menilai benar tidaknya setelah mengetahui susunan bahasa baku yang sebenarnya dan membandingkannya dengan bahasa yang digunakan orang tersebut. Kapan kita harus menggunakan bahasa baku? Ternyata bahasa baku tidak bisa kita gunakan sembarangan.

Mengapa masyarakat Indonesia masih mencampuradukan penggunaan bahasa baku dan tidak baku?

Faktor pertama ialah kurangnya pemahaman penggunaan bahasa baku dan tidak baku. Kebanyakan masyarakat Indonesia masih mencampuradukan penggunaan bahasa baku dan tidak baku. Ragam bahasa baku merupakan ragam yang dilembagakan dan diakui oleh sebagian besar warga masyarakat pemakainya sebagai bahasa resmi dan sebagai kerangka rujukan norma.