Apakah Haji Bisa Dilakukan Kapan Saja?

Pasalnya, haji hanya dapat dilakukan pada bulan-bulan haji, dimulai sejak Syawal hingga awal Zulhijah. Hal itu tertuang dalam firman Allah SWT surah al-Baqarah: 197, “Musim haji itu (berlangsung) pada beberapa bulan yang telah diketahui”.

Kapan ibadah haji dilakukan?

Kita sebagai umat Islam tentunya perlu mengetahui ibadah haji dilakukan pada bulan apa saja. Seperti yang umumnya terjadi, ibadah haji dilaksanakan setiap satu tahun sekali. Tapi kapan persisnya ibadah ini dapat dilaksanakan? Definisi haji menurut bahasa adalah berkunjung ke tempat yang agung.

Kapan jamaah haji harus bergegas menuju Arafah?

Biasanya batas Arafah ditandai dengan papan-papan besar dan tinggi yang sudah terlihat dari kejauhan. Setelah bermalan di Mina, Jamaah haji disunnahkan untuk bergegas menuju Arafah ketika matahari terbit pada tangal 9 Zulhijjah. Hal ini berdasarkan penjelasan Jabir bin Abdillah radhiyallahu ‘anhu:

Kapan waktu pelaksanaan ibadah haji?

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, haji memiliki waktu pelaksanaan yang sudah ditentukan yakni pada bulan Dzulhijjah mulai tanggal 9-13. Sedangkan ibadah umroh bisa dilakukan kapan saja, di luar pelaksanaan ibadah haji. Untuk kamu yang punya waktu dan dana terbatas, bisa memilih umroh terlebih dahulu sebelum menunaikan haji.

Kapan waktu pelaksanaan haji dan Umroh?

Waktu pelaksanaan haji terbatas hanya pada rentang waktu awal bulan Syawal sampai Hari Raya Idhul Adha di bulan Dzulhijjah. Sementara, ibadah umroh bisa dilaksanakan kapan saja tanpa ada batasan rentang waktunya, kecuali pada hari tertentu seperti hari Arafah pada 10 Zulhijah dan hari-hari Tasyrik tanggal 11, 12, 13 Zulhijah.