Mengapa Seorang Muslim Wajib Memahami Tata Krama?

Seorang Muslim wajib memahami tata krama adalah karena tata krama dalam Islam merupakan aturan tingkah laku berdasarkan nilai-nilai kesopanan yang islami. Tata krama tidak hanya dilakukan terhadap orang lain, melainkan juga pada diri sendiri.

Apa yang dimaksud dengan tata krama?

Tata krama juga bisa berarti kebiasaan, yang lahir dalam hubungan antar-manusia. Tata krama yang semula berlaku dalam lingkungan terbatas, lama kelamaan dapat merambat ke lingkungan yang lebih luas. Tata krama pun telah menjadi bagian dari pergaulan sehari-hari.

Mengapa kita harus memiliki tata krama?

Karena memiliki tata krama merupakan nilai plus yang dimiliki seseorang, sehingga masyarakat menilai orang tersebut merupakan orang baik. Dengan memiliki tata krama berarti seseorang telah menjadi warga negara yang baik (good citizen). Adapun untuk beberapa contoh tata krama yang ada di dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya saja;

Apa yang dimaksud dengan tata krama dalam berbicara?

Tata krama dalam berbicara yang dimaksud adalah sikap seseorang dalam bebicara harus bisa menempatkan kondisi dimana dan dengan siapa ia berbicara. Jika ia berbicara dalam tempat yang formal, maka ia harus menggnakan bahasa yang sopan, formal, santun dan tidak banyak bercanda.