Mengapa Sel Dikatakan Sebagai Unit Terkecil Kehidupan?

Dikatakan sebagai unit terkecil Karena sel merupakan bagian dari makhluk hidup yang mampu berdiri sendiri serta menunjukkan tanda kehidupan. Sel memiliki ukuran yang sangat kecil bahkan mikro, sehingga sel tidak dapat dibagi-bagi lagi menjadi ukuran yang lebih sederhana, namun demikian, walaupun kecil, sel tetap dapat menjalankan fungsinya.
Sel disebut sebagai unit terkecil karena sudah tidak dapat dibagi-bagi lagi menjadi bagian yang lebih kecil yang dapat berdiri sendiri. Sel dapat melakukan proses kehidupan, seperti melakukan respirasi, perombakan, penyusunan, reproduksi melalui pembelahan sel dan peka terhadap rangsangan.

Mengapa sel dikatakan sebagai satuan fungsional?

Sel dikatakan sebagai satuan fungsional karena: a. Setiap sel yang ada memiliki fungsinya masing-masing seperti transpirasi, gutasi, respirasi, dan lain-lain b. Sel sebagai unit fungsional terkecil makhluk hidup. Sel adalah bagian terkecil dari makhluk hidup yang melakukan fungsi kehidupan.

Apa yang dimaksud dengan kesatuan Structural sel dan kesatuan fungsional sel?

Sebagai kesatuan structural sel merupakan penyusun yang mendasar bagi tubuh makhluk hidup, sebagai kesatuan fungsional berarti bahwa sel melakukan suatu fungsi atau kegiatan proses hidup seperti: respirasi, ekskresi, transportasi, sintesis, reproduksi, sekresi, dan respon terhadap rangsangan 4.

Mengapa sel disebut Satuan struktural makhluk hidup?

Jadi, sel mengandung materi genetika yang pada individu itu diperlukan oleh organisme kepada keturunanya, dan sel merupakan unit terkecil, maka bisa ditarik kesimpulan bahwa sel merupakan unit hereditas terkecil makhluk hidup. Jadi, Secara struktural, tubuh makhluk hidup tersusun dari sel-sel sehingga sel disebut satuan struktural makhluk hidup.