Mengapa Negara Jepang Sering Mengalami Gempa Bumi?

Gempa sering terjadi di Jepang, karena Jepang berada di area yang disebut Cincin Api Pacific, wilayah dilalui oleh lempengan api bawah permukaan bumi. Cincin api tersebut berbentuk seperti sepatu kuda, yang mengikuti pelek di Samudra Pasifik dan sering kali menjadi penyebab gempa bumi dan erupsi volkanis di wilayah di atasnya.
Dilansir dari Live Science, gempa yang kerap terjadi di Jepang disebabkan oleh letak geografisnya yang berada di area “Cincin Api Pacific”. Wilayah ini dilalui oleh lempengan api di bawah permukaan bumi. Disebut “cincin” karena zona ini sebenarnya berbentuk tapal kuda imajiner yang mengikuti tepi Samudera Pasifik.

Mengapa gempa bumi di Jepang tidak terdeteksi?

Jakarta – Jepang dikenal sebagai negara yang sering mengalami bencana alam, seperti gempa bumi. Bahkan, Japan Meteorological Agency mencatat, ada sekitar 5.000 gempa bumi yang terjadi di Jepang tidak terdeteksi. Hal itu diprediksi karena rendahnya skala magnitudo gempa atau pun hiposentrum yang terletak jauh dari pantai Jepang.

Apakah Jepang termasuk negara yang paling sering terkena bencana alam gempa bumi?

– Jepang terkenal dengan budaya, wisata dan kuliner yang mendunia. Negeri Sakura ini juga menjadi salah satu tempat favorit destinasi wisatawan dunia. Namun Jepang juga di kenal sebagai negara yang paling sering terkena bencana alam gempa bumi. Setidaknya tercatat ada 25 gempa di Jepang dengan kekuatan di atas 6 SR sejak tahun 2000.

Apa Penyebab gempa bumi di Indonesia?

Walaupun di Indonesia, kita sering merasakan gempa bumi akibat gunung berapi yang aktif, tetapi sebenarnya penyebab gempa bumi yang besar ialah karena terjadinya pergeseran tektonik lempengan bumi. Negara Jepang terletak di pertemuan 4 lempeng, Lempeng Amerika Utara, Eurasia, Samudera Pasifik dan Laut Filipina.