Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Unduh Juknis BOS Afirmasi dan BOS Kinerja Tahun 2020


Untuk membantu pembiayaan kegiatan operasional sekolah dan mendukung kegiatan pembelajaran yang belum tercukupi dari dana bantuan operasional sekolah reguler (BOS Reguler) serta bentuk penghargaan kinerja sekolah, pemerintah memberikan bantuan operasional sekolah afirmasi dan bantuan operasional sekolah kinerja.

BOS Afirmasi merupakan program pemerintah pusat yang dialokasi bagi satuan pendidikan dasar dan menengah yang berada didaerah khusus yang ditetapkan oleh Kementerian. Sedangkan BOS Kinerja merupakan program pemerintah pusat yang dialokasi bagi satuan pendidikan dasar dan menengah yang dinilai berkinerja baik didaerah khusus yang ditetapkan oleh Kementerian.

Dana BOS Afirmasi bertujuan untuk membantu kegiatan operasional sekolah dan mendukung kegiatan pembelajaran yang belum tercukupi oleh Dana BOS Reguler di Daerah Khusus yang ditetapkan oleh Kementerian. Dana BOS Kinerja bertujuan untuk membantu kegiatan operasional sekolah dan mendukung kegiatan pembelajaran yang belum tercukupi oleh Dana BOS Reguler sebagai bentuk penghargaan atas kinerja baik dalam menyelenggarakan layanan pendidikan di Daerah Khusus yang ditetapkan oleh Kementerian.

Agar penyaluran dana bantuan operasional sekolah afirmasi dan dana bantuan operasional sekolah kinerja sesuai dengan tujuan dan tepat sasaran, Kementerian Pendidikan dan Kabudayaan menerbitkan petunjuk teknis pelaksanaan bantuan operasional sekolah afirmasi dan bantuan operasional sekolah kinerja. Petunjuk teknis (Juknis) bantuan operasional sekolah afirmasi dan bantuan operasional sekolah kinerja diatur dalam Permendikbud Nomor 24 Tahun 2020 tentang Petunjuk Teknis Bantuan Operasional Sekolah Afirmasi dan Bantuan Operasional Sekolah Kinerja.

Pasal 3 ayat 1 Permendikbud 24 Tahun 2020 menyebutkan Dana BOS Afirmasi dan Dana BOS Kinerja diberikan kepada : 
a. sekolah dasar;
b. sekolah dasar luar biasa;
c. sekolah menengah pertama;
d. sekolah menengah pertama luar biasa;
e. sekolah menengah atas;
f. sekolah menengah atas luar biasa;
g. sekolah menengah kejuruan; dan
h. sekolah luar biasa;

Sekolah sebagaimana maksud pasal 3 ayat 1 harus memenuhi syarat sebagai penerima Dana BOS Reguler tahun anggaran berjalan serta berada di Daerah Khusus yang ditetapkan oleh Kementerian.

Alokasi dana untuk Sekolah yang ditetapkan sebagai penerima Dana BOS Afirmasi dan Dana BOS Kinerja masing-masing sebesar Rp 60.000.000 (enam puluh juta rupiah) setiap sekolah.

Unduh juknis BOS Kinerja dan BOS Afirmasi KLIK DISINI