Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Formulir Daftar Usulan Penetapan Angka Kredit (DUPAK) Guru PNS


Angka kredit adalah satuan nilai dari tiap butir kegiatan dan/atau akumulasi nilai butir-butir kegiatan yang harus dicapai oleh seorang guru dalam rangka pembinaan karir kepangkatan dan jabatannya. Penetapan angka kredit untuk usulan kenaikan pangkat/jabatan diberikan apabila guru yang bersangkutan telah memenuhi angka kredit kumulatif yang dipersyaratkan untuk kenaikan pangkat/jabatan setingkat lebih tinggi. Guru diwajibkan mengusulkan penilaian angka kredit berdasarkan hasil penilaian kinerja kepada kepala sekolah/madrasah setiap tahun berdasarkan bukti fisik.

Untuk guru PNS yang akan mengajukan kenaikan pangkat atau jabatannya, maka wajib mengisi formulir dan mengusulkan daftar usulan penetapan angka kredit (DUPAK) untuk memperoleh penetapan angka kredit (PAK) sebagai salah satu persyaratan admininstrasi kenaikan pangkat/ jabatan fungsional guru.

Pengusulan penetapan angka kredit kepada pejabat yang berwenang menetapkan angka kredit selambat-lambatnya:
  1. bulan Juli untuk guru yang akan naik pangkat/jabatan pada periode Oktober
  2. bulan Januari untuk guru yang akan naik pangkat/jabatan pada periode April.
Bagi Bapak/ Ibu yang sedang mempersiapkan persyaratan kenaikan pangkat/ jabatan, dalam hal ini adalah daftar usulan penetapan angka kredit (DUPAK), berikut formulir DUPAK versi excel yang dapat disesuaikan dan digunakan

Download Formulir DUPAK di SINI

Guru yang akan naik pangkat dan sekaligus naik jabatan, maka yang bersangkutan terlebih dahulu ditetapkan jabatannya oleh pejabat yang berwenang, kemudian yang bersangkutan diusulkan untuk kenaikan pangkatnya oleh pejabat yang berwenang.

Guru wajib mengusulkan penetapan angka kredit untuk penilaian setiap tahun. Apabila yang bersangkutan akan naik pangkat atau jabatan, maka pengusulan penilaian tersebut harus melampirkan keputusan penetapan angka kredit (PAK) yang telah diperoleh sebelumnya.