Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pendaftaran Calon Instruktur dan Guru Pamong PPG



Untuk mendapatkan lulusan PPG Prajabatan sebagai calon guru profesional yang dapat meningkatkan sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas dan berdaya saing. Sehingga diperlukan sistem rekrutmen yang terdiri atas: penjaringan calon, penyegaran dan assesmen. Kegiatan tersebut dilaksanakan dengan prinsip objektif, adil, transparan, dan akuntabel. Kemdikbud membuka rekrutmen instruktur dan guru pamong PPG khusus bidang studi PGSD.

Jadwal pendaftaran calon instruktur dan guru pamong PPG dimulai dari tanggal 06/04/2020 - 19/04/2020 

Persyaratan

Dosen/Instruktur dan Guru Pamong PPG Bidang Studi PGSD harus memenuhi syarat-syarat tertentu di bawah ini.

Dosen pengampu lokakarya dan membimbing Praktik Pengalaman Lapangan
  • Berkualifikasi akademik paling rendah magister atau yang setara.
  • Berlatar belakang di bidang pendidikan/non pendidikan yang sesuai dengan bidang keilmuan/keahlian yang diampu.
  • Memiliki jabatan fungsional akademik paling rendah Asisten Ahli.
  • Memiliki sertifikat pendidik/sertifikat lain dan atau dapat menunjukkan keahlian yang spesifik.
  • Diutamakan memiliki pengalaman mengajar di sekolah.
Guru Pamong (Mentor Teacher)
  • Memiliki kualifikasi pendidikan sekurang-kurangnya sarjana atau sarjana terapan yang sama atau serumpun dengan bidang studi PGSD.
  • Memiliki sertifikat pendidik bidang studi PGSD/sertifikat lain dan atau dapat menunjukkan keahlian yang spesifik dengan bidang studi PGSD.
  • Memiliki jabatan fungsional serendah-rendahnya guru muda. Diutamakan guru yang memiliki jabatan fungsional guru utama dan guru madya di Sekolah Dasar.
  • Diutamakan memiliki pengalaman sebagai guru pamong, dibuktikan dengan surat keterangan atau sertifikat sebagai guru pamong.
Dosen/Instruktur dari unsur praktisi pendidikan
  • Memiliki kualifikasi pendidikan sekurang-kurangnya sarjana atau sarjana terapan
  • Memiliki keahlian spesifik yang relevan dengan program PPG
  • Memiliki pengalaman mengajar sebagai guru/dosen/instruktur/tutor, minimal 5 (lima) tahun.
Langkah - langkah pendaftaran

Berikut adalah langkah-langkah yang dapat dilakukan untuk mendaftar sebagai calon Guru Pamong PPG dan Guru/Tenaga Kependidikan sebagai Dosen/Instruktur PPG:
  1. Masuk kedalam SIMPKB menggunakan akun guru yang telah dimiliki
  2. Pastikan Anda mendapatkan notifikasi yang menyatakan Anda layak mendaftar sebagai calon Guru Pamong PPG dan Guru/Tenaga Kependidikan sebagai Dosen/Instruktur PPG
  3. Kemudian akan tampil pilihan mendaftar sebagai Guru Pamong atau Dosen/Instruktur PPG. Setelah memilih sebagai dosen/instruktur PPG maka dapat mengikuti langkah-langkah yang sama dengan proses pendaftaran guru pamong
  4. Pada pilihan “Pilih LPTK Anda”, Anda dapat memilih LPTK yang terdekat dengan asal instansi Anda. Setelah memilih LPTK, klik pada tombol "Saya Bersedia"
Setelah mendaftar sebagai Guru Pamong atau Dosen/Instruktur PPG, langkah selanjutnya adalah melengkapi informasi profil kita. Profil yang harus dilengkapi diantaranya adalah Data Profil, Data Pelengkap, Riwayat Pendidikan Tinggi, Bidang Keahlian, Pengalaman Kerja/Jabatan, Pelatihan/Traning/Workshop, Pengalaman Mengajar, Unggah Berkas Pendukung.

File yang diunggah :
  1. File Curriculum Vitae (CV) sesuai format
  2. File ijazah terakhir (bagi dosen, guru, praktisi pendidikan)
  3. File SK jabatan fungsional terakhir (bagi dosen dan guru)
  4. File sertifikat pendidik (bagi dosen dan guru)
  5. File sertifikat keahlian lain (bagi praktisi)
  6. Surat ijin dari Pimpinan dengan format yang telah ditentukan untuk ditandatangani oleh Rektor/Dekan bagi dosen, dan Kepala Sekolah bagi guru.
  7. Mengisi Surat Pernyataan komitmen sebagai dosen/instruktur dan guru pamong untuk mengikuti pelatihan penyegaran dan pelaksanaan PPG
  8. File Surat Keputusan (SK) pengalaman mengajar minimal 5 tahun (bagi praktisi)
Format biodata, surat ijin dan komitmen dapat diunduh di SINI

Instruktur PPG bertugas membimbing mahasiswa dalam kegiatan pengembangan perangkat pembelajaran dan PPL. Calon Dosen/Instruktur PPG dari unsur praktisi pendidikan dapat berasal dari dosen dari perguruan tinggi bukan penyelenggara PPG, Widyaiswara, Widyaprada, Pengawas, Kepala Sekolah, Guru, dan praktisi pendidikan lainnya yang memenuhi persyaratan.

Guru Pamong bertugas mendampingi dosen/instruktur PPG dalam membimbing mahasiswa pada kegiatan pengembangan perangkat pembelajaran dan PPL. Sekolah asal dari Guru yang ditetapkan menjadi Guru Pamong pada Program PPG maka akan menjadi sekolah mitra perguruan tinggi penyelenggara PPG sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Sumber : sdm.ppg.kemdikbud.go.id