14 September 2019

Nama-Nama Sekolah Penerima BOS Kinerja

penerima bos kinerja

Bantuan Operasional Sekolah (BOS) Kinerja merupakan program pemerintah pusat dalam hal ini Kementerian Pendidikan dan Kebudataan yang dialokasikan untuk satuan pendidikan dasar dan menengah yang dinilai berkinerja baik dalam menyelenggarakan pendidikan.

Pemberian BOS Kinerja bertujuan untuk meningkatkan mutu pembelajaran pada satuan pendidikan dasar dan menengah yang diselenggarakan oleh pemerintah daerah, sebagai bentuk penghargaan atas kinerja baik dalam menyelenggarakan layanan pendidikan.

BOS Kinerja diberikan kepada satuan pendidikan mulai dari jenjang SD, SMP, SMP, SMA, SMK, SDLB/SMPLB/SMALB/SLB dengan syarat-syarat sebagai berikut ;
  1. Menerima BOS Reguler pada tahun berkenaan
  2. Mengisi data pokok pendidikan (Dapodik) 3 semester terakhir
  3. Memiliki jumlah siswa paling sedikit 60 untuk jenjang Sekolah Dasar (SD), 90 untuk jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP), 180 untuk jenjang SMA/SMK.
  4. Diprioritaskan bagi satuan pendidikan yang menyelenggarakan ujian nasional berbasis komputer (UNBK) dan menerapkan penerimaan siswa berdasarkan zonasi sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku.
Penentuan peringkat terbaik satuan pendidikan di tetapkan oleh Menteri berdasarkan ;
  1. Peningkatan nilai rapor mutu satuan pendidikan selama 2 (dua) tahun terakhir bagi SMP, SMA dan SMK pada setiap kabupaten/kota
  2. Peningkatan nilai ujian nasional dan nilai rapor mutu satuan pendidikan selama 2 tahun terakhir bagi bagi SMP, SMA dan SMK pada setiap kabupaten/kota
  3. Jumlah peserta didik terbanyak bagi SDLB/SMPLB/SMALB/SLB.
Total alokasi dana BOS Kinerja yang diterima satuan pendidikan sebesar Rp. 19.000.000,- ditambah dengan jumlah alokasi perhitungan jumlah siswa sasaran prioritas. Alokasi jumlah sasaran siswa prioritas sebesar Rp. 2.000.000,- dikali dengan jumlah siswa sasaran prioritas pada masing-masing satuan pendidikan.

Misal, sekolah AB memiliki jumlah siswa sasaran prioritas 20 siswa, dengan perhitungan Rp. 2.000.000 x 20 = Rp. 40.000.000. Total alokasi BOS Kinerja yang diberikan kepada sekolah AB adalah Rp. 19.000.000 + Rp. 40.000.000 = Rp. 59.000.000

Berikut ini daftar nama-nama sekolah penerima BOS Kinerja tahun 2019 sesuai dengan lampiran II Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 320/P/2019.


Unduh Lampiran II di SINI