Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Daftar Nama Sekolah Penerima BOS Afirmasi


dana bos afirmasi

Dalam meningkatkan pengelolaan pendidikan di satuan pendidikan dasar dan menengah, pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan memberikan bantuan operasional melalui pengalokasian dana bantuan operasional sekolah afirmasi dan bantuan operasional sekolah kinerja.

BOS AFIRMASI

Bantuan Operasional Sekolah Afirmasi atau BOS Afirmasi adalah program pemerintah pusat yang dialokasikan bagi satuan pendidikan dasar dan menengah yang berada di daerah tertinggal sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

BOS Afirmasi diberikan kepada satuan pendidikan jenjang pendidikan dasar dan menengah yang diselenggarakan oleh pemerintah daerah. Adapun satuan pendidikan penerima BOS Afirmasi harus memenuhi syarat, antara lain :

a. Menerima BOS Reguler pada tahun berkenaan
b. Mengisi data pokok pendidikan paling sedikit tiga semester terakhir
c. Berada di daerah teritinggal, terdepan dan terluar (3T)
d. Memiliki jaringan internet
e. Memiliki sumber listrik

Alokasi BOS Afirmasi yang diterima satuan pendidikan sebesar 24.000.000 ditambah dengan alokasi jumlah sasaran siswa perioritas, besaran alokasi dana sasaran siswa penerima prioritas adalah Rp. 2.000.000 dikali dengan jumlah siswa sasaran prioritas pada masing-masing satuan pendidikan. Misalkan Sekolah A memiliki jumlah siswa sasaran prioritas sebanyak 15 orang, maka Rp. 2.000.000 x 15 siswa = 30.000.000, maka total BOS Afirmasi yang diberikan kepada sekolah A ialah Rp. 24.000.000 + Rp. 30.000.000 = Rp. 54.000.000. Jumlah sasaran siswa prioritas pada masing-masing satuan pendidikan penerima ditetapkan oleh Menteri berdasarkan pagu anggaran BOS Afirmasi dan BOS Kinerja tiap Provinsi.

BOS Afirmasi yang diterima oleh masing-masing satuan pendidikan penerima digunakan untuk membiayai penyediaan fasilitas akses rumah belajar dan langganan daya dan jasa. BOS Afirmasi juga tidak dapat digunakan untuk membiayai belanja yang sudah dibiayai oleh sumber lain.

Daftar nama sekolah penerima BOS Afirmasi tahun anggaran 2019 tercantum dalam Lampiran I Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 320/P/2019.

Unduh Lampiran I Keputusan Mendikbud di SINI

Update (24.10.19)

Dengan pertimbangan bahwa terdapat perbedaan pagu anggaran di daerah pada bantuan operasional sekolah afirmasi yang ditetapkan dalam anggaran pendapatan belanja negara tahun 2019 dengan pagu anggaran daerah yang ditetapkan dalam Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 320/P/2019 tentang Satuan Pendidikan Penerima Bantuan Operasional Sekolah Afirmasi dan Bantuan Operasional Sekolah Kinerja Tahun 2019.

Untuk melakukan sinkronisasi pagu anggaran di daerah pada bantuan operasional sekolah afirmasi yang ditetapkan dalam anggaran pendapatan belanja negara tahun 2019 dengan jumlah satuan pendidikan penerima bantuan operasional sekolah afirmasi, perlu dilakukan perubahan terhadap Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 320/P/2019 tentang Satuan Pendidikan Penerima Bantuan Operasional Sekolah Afirmasi dan Bantuan Operasional Sekolah Kinerja Tahun 2019.

Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 320/P/2019 tentang Satuan Pendidikan Penerima Bantuan Operasional Sekolah Afirmasi dan Bantuan Operasional Sekolah Kinerja Tahun 2019 diubah dengan Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 364/P/2019 tentang Perubahan Atas Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 320/P/2019 tentang Satuan Pendidikan Penerima Bantuan Operasional Sekolah Afirmasi dan Bantuan Operasional Sekolah Kinerja Tahun 2019.

Unduh file PDF Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 364/P/2019 di SINI