Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Daftar ASN PPPK Tahap Pertama di https://sscasn.bkn.go.id


Aparatur Sipil Negara atau ASN adalah Pegawai Negeri Sipil dan pegawai pemerintah dengan perjanjian keda yang diangkat oleh pejabat pembina kepegawaian dan diserahi tugas dalam suatu jabatan pemerintahan atau diserahi tugas negara lainnya dan digaji berdasarkan peraturan perundang-undangan.

Sesuai dengan bunyi pasal 6 Undang-Undang  Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara menerangkan bahwa ASN terdiri dari PNS dan PPPK.

PNS merupakan Pegawai ASN yang diangkat sebagai pegawai tetap oleh Pejabat Pembina Kepegawaian dan memiliki nomor induk pegawai secara nasional.

PPPK merupakan Pegawai ASN yang diangkat sebagai pegawai dengan perjanjian kerja oleh Pejabat
Pembina Kepegawaian sesuai dengan kebutuhan Instansi Pemerintah dan ketentuan Undang-Undang ini.

Februari tahun 2019, Pemerintah membuka kesempatan kepada putra-putri Indonesia eks tenaga honor kategori II atau THK-II untuk mendaftarkan diri menjadi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) tahap pertama. Pendaftaran PPPK tahap pertama dimulai dari tanggal 10 - 16 Februari 2019 melalui laman https://sscasn.bkn.go.id.

ssp3k.bkn.go.id
ssp3k.bkn.go.id
ssp3k.bkn.go.id

Penerimaan PPPK tahap pertama dibuka bagi tenaga honor kategori II (THK-II) bidang kesehatan, guru dan penyuluh pertanian.

Sebagaimana dikutip dari website Menpan-RB,  sekitar 150.000 eks Tenaga Honorer Kategori II dan penyuluh pertanian dari Kementerian Pertanian yang memenuhi ketentuan peraturan perundangan dan sudah terdaftar di database Badan Kepegawaian Negara (BKN) berpotensi dapat mendaftar dan mengikuti seleksi. Khusus untuk penyuluh pertanian yang diangkat oleh Kementerian Pertanian (Kementan), database-nya ada pada Kementan dan BKN, sebanyak 5.527 eks THK-II bidang kesehatan, dan guru/dosen sebanyak 129.938 orang.

Adapun penyuluh pertanian, tercatat 15.355 orang, terdiri dari penyuluh pertanian yang direkrut oleh pemda sebanyak 454 orang dan penyuluh pertanian yang direkrut oleh Kementerian Pertanian sebanyak 14.901 orang.

Alur Pendaftaran PPPK Tahap-I


  1. Pelamar mengakses https://sscasn.bkn.go.id
  2. Pilih menu Registrasi
  3. Mengisi Nomor Peserta Ujian K-2, Tanggal Lahir, NIK, Nomor KK atau Nomor Kartu Keluarga
  4. Mengisi alamat emai aktif dan password serta pertanyaan keamanan
  5. Mengunggah pas foto mininal 120kb maksimal 200kb format jpeg atau jpg.
  6. Mencetak Kartu Informasi Akun
  7. Login menggunakan NIK dan Password yang didaftarkan
  8. Melengkapi Data, antara lain unggah foto diri memegang KTP dan Kartu Informasi Akun
  9. Memilih jabatan dan pendidikan
  10. Melengkapi biodata
  11. Unggah file dokumen yang dibutuhkan
  12. Mencetak isian yang telah dilengkapi
  13. Pelamat mencatak KARTU PENDAFTARAN