Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Melihat Jumlah Dana PIP yang di Salurkan dan yang sudah Dicairkan

Program Indonesia Pintar bertujuan untuk membantu biaya personal pendidikan bagi peserta didik miskin atau rentan miskin yang masih terdaftar sebagai peserta didik pada jenjang pendidikan dasar dan menengah.

PIP diharapkan mampu menjamin peserta didik dapat melanjutkan pendidikan sampai tamat pendidikan menengah, dan menarik peserta didik putus sekolah atau tidak melanjutkan pendidikan agar kembali mendapatkan layanan pendidikan. PIP bukan hanya bagi peserta didik di sekolah, namun juga berlaku bagi peserta didik di Sanggar Kegiatan Belajar (SKB), dan Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM), sesuai dengan kriteria yang telah ditetapkan.
Grafik penyaluran dana PIP Tahun 2017 (laman SiPintar)



Program Indonesia Pintar dilaksanakan dengan melibatkan direktorat terkait di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Dinas Pendidikan Provinsi, Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota, sekolah, lembaga penyalur dan instansi terkait lainnya.

Dana PIP disalurkan langsung ke peserta didik secara non tunai melalui rekening tabungan Simpanan Pelajar di Bank penyalur dana PIP dengan melakukan aktivasi rekening Simpanan Pelajar oleh peserta didik terlebih dahulu dengan membawa dokumen pendukung.

Untuk melihat progres jumlah dana PIP yang disalurkan dan yang sudah dicairkan dapat melakukan tahapan berikut ini :
  • Kunjungi laman SiPintar di https://pip.kemdikbud.go.id/index/summary
  • Terdapat menu tab pada sisi kiri laman SiPintar, klik tahun penyaluran dana PIP yang hendak dilihat.
  • Pilih salah satu submenu (data per satuan pendidikan atau per wilayah)
  • Berikut ini tampilan progres dana PIP yang sudah disalurkan dan yang sudah dicairkan untuk tahun 2017.


  • Klik tombol Detail untuk melihat progres dana PIP yang sudah disalurkan dan yang sudah dicairkan mulai dari per tingkat satuan pendidikan (SD, SMP, SMA, SMK), per provinsi, per kabupaten, per kecamatan dan nama satuan pendidikan.
Catatan : data yang tampil pada laman SiPintar diperbarui setiap saat dan dapat berubah sewaktu-waktu.

Pelaksanaan PIP secara nasional memiliki jumlah sasaran yang sangat banyak dan anggaran yang besar. Hal ini tentu akan menarik perhatian dari berbagai instansi dan masyarakat luas dari berbagai kalangan. Untuk itu diharapkan pelaksanan PIP dapat berjalan transparan dan akuntabel. Terwujudnya pelaksanaan PIP yang transparan dan akuntabel salah satunya ditandai dengan penggunaan dana PIP oleh peserta didik penerima sesuai ketentuan.


Penyalahgunaan wewenang, manipulasi data, pemotongan dana dan tindakan lain yang dapat merugikan negara dan/atau sekolah/lembaga dan/atau peserta didik dalam kaitannya dengan program PIP akan dikenakan sanksi sesuai dengan peraturan perundang-undangan.