Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Rincian Tugas Tambahan Guru Piket sesuai Permendikbud 15 Tahun 2018

Guru piket merupakan jenis tugas tambahan lain yang diemban Guru pada satuan pendidikan selain tugas pokoknya sehari-hari. Penunjukkan Guru Piket ditetapkan dengan surat keputusan kepala sekolah/ surat tugas per semester.

https://www.tendikpedia.com/2018/06/rincian-tugas-tambahan-guru-piket.html

Adapun administrasi yang harus di siapkan oleh Guru Piket dalam menjalankan tugasnya :
  • Program dan jadwal piket yang ditandatangani oleh Kepala Sekolah
  • Laporan hasil piket per tugas yang disetujui oleh Kepala Sekolah
Sesuai dengan lampiran I Permendikbud Nomor 15 Tahun 2018 tentang Pemenuhan Beban Kerja Guru, Kepala Sekolah dan Pengawas Sekolah, diuraikan tugas tambahan lain sebagai Guru Piket, antara lain :
  1. Meningkatkan pelaksanaan keamanan, kebersihan, ketertiban, keindahan, kekeluargaan, kerindangan, kesehatan, keteladanan, dan keterbukaan (9K)
  2. Menerima dan mendata tamu sekolah
  3. Mengoordinasikan Guru pengganti bagi kelas yang Gurunya berhalangan hadir
  4. Mencatat dan melaporkan kasus-kasus yang bersifat khusus kepada Kepala Sekolah
  5. Melakukan kegiatan lainnya yang terkait tugas Guru piket
  6. Membuat laporan hasil piket per tugas.
Jika dilihat dari rangkaian tugas-tugas Guru Piket diatas, keberadaan Guru Piket pada satuan pendidikan sangat penting. Untuk hal penerimaan tamu yang datang misalnya, tamu terlebih dahulu melaporkan diri kepada Guru Piket yang bertugas sebelum menyampaikan maksud dan tujuan datang ke sekolah.

Meningkatkan pelaksanaan keamanan, kebersihan, ketertiban, keindahan, kekeluargaan, kerindangan, kesehatan, keteladanan, dan keterbukaan (9K)

Pelaksanaan program 9K pada satuan pendidikan merupakan hal yang harus di jalankan secara berkesinambungan, demi terlaksananya kegiatan belajar mengajar yang efektif. Disini peran Guru Piket yang ditunjuk dan bertugas setiap harinya sangat penting. Perlu koordinasi yang baik antar warga sekolah , khususnya antara Guru dan Kepala Sekolah.

Menerima dan Mendata Tamu

Setiap tamu yang berkunjung ke sekolah, Guru Piket mendata terlebih dahulu tamu, mulai dari identitas diri tamu, maksud dan tujuan kedatangan dan hal lain yang perlukan.

Mengoordinasikan Guru pengganti bagi kelas yang Gurunya berhalangan hadir

Setiap kegiatan sekolah perlu koordinasi antar warga sekolah untuk kelancaran seluruh kegiatan. Dalam hal Guru yang tidak dapat hadir/ berhalangan karena sesuatu dan lain hal, Guru Piket bertugas mengkoordinasikan kepada Guru lain untuk mengganti Guru yang tidak hadir tersebut untuk mengisi kelas/ jam pelajaran.

Mencatat dan melaporkan kasus-kasus yang bersifat khusus kepada Kepala Sekolah

Adakalanya peserta didik yang berkelahi, kecelakaan saat bermain, atau terkait hal sarana dan prasarana sekolah rusak yang dapat mengganggu kegiatan sekolah, Guru Piket wajib melaporkan kepada Kepala Sekolah sebagai pemimpin untuk dilakukan tindakan dengan segera terhadap segala bentuk gangguan maupun kejadian pada satuan pendidikan.

Melakukan kegiatan lainnya yang terkait tugas Guru piket

Guru Piket dapat melakukan kegiatan lain yang berhubungan dengan program sekolah, selain melaksanakan tugas tambahan sebagai Guru Piket. Misalnya, ikut serta dalam membantu Guru lain untuk latihan baris berbaris, paduan suara atau program penghijauan halaman sekolah.

Membuat laporan hasil piket per tugas.

Tahap akhir tugas Guru Piket setelah menjalankan tugas hariannya adalah membuat laporan secara tertulis terkait dengan tugas Guru Piket.

Demikian informasi tentang tugas tambahan Guru Piket pada satuan pendidikan. Semoga bermanfaat.