Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

9 Jenis Tugas dan Tanggung Jawab Tim BOS Sekolah

Kepala Sekolah SD/SMP/SMA/SMK membentuk Tim BOS Sekolah yang terdiri dari penanggung jawab, anggota (terdiri dari bendahara dan 1 orang dari unsur orang tua/ wali murid). Penanggung jawab dalam struktur Tim BOS Sekolah adalah Kepala Sekolah, Bendahara dari unsur sekolah (yang dianggap cakap dalam mengelola keuangan, disarankan mahir dalam pengoperasian komputer/ laptop).

Dalam penggunaan Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS), tim BOS sekolah memiliki tugas dan tanggung jawab. Berikut ini 9 jenis tugas dan tanggung jawab Tim BOS sekolah sesuai dengan Permendikbud Nomor 1 Tahun 2018 tentang Petunjuk Teknis Bantuan Operasional Sekolah.

Jenis Tugas dan Tanggung Jawab Tim BOS Sekolah :
  1. Mengisi, mengirim dan meng-update data pokok pendidikan secara lengkap ke dalam sistem Dapodik sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan
  2. Memastikan data yang masuk dalam Dapodik sesuai dengan kondisi riil di sekolah
  3. Memverifikasi kesesuaian jumlah dana yang diterima dengan data peserta didik yang ada
  4. Menyelenggarakan pembukuan secara lengkap
  5. Memenuhi ketentuan transparansi pengelolaan dan penggunaan
  6. Menyusun dan menyampaikan laporan secara lengkap
  7. Bertanggung jawab secara formal dan material atas penggunaan BOS yang diterima
  8. Menandatangani surat pernyataan tanggung jawab yang menyatakan bahwa BOS yang diterima telah digunakan sesuai ketentuan peruntukan BOS
  9. Memberikan pelayanan dan penanganan pengaduan masyarakat.
Perwakilan orang tua dalam Tim BOS Sekolah memiliki fungsi kontrol, pengawasan, dan memberi masukan dalam pelaksanaan tanggung jawab Tim BOS Sekolah.

Dalam melaksanakan tugas dan tanggungjawabnya, Tim BOS Sekolah  bersedia diaudit oleh lembaga yang memiliki kewenangan melakukan audit sesuai dengan peraturan perundangperundangan terhadap seluruh dana yang dikelola sekolah, baik yang berasal dari BOS maupun dari sumber lain; dan dilarang bertindak menjadi distributor/pengecer pembelian buku kepada peserta didik di sekolah yang bersangkutan.