Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Surat Keputusan Analisa Kelayakan Penerima Tunjangan (SKAKPT)

Surat Keputusan Analisa Kelayakan Penerima Tunjangan (SKAKPT) merupakan surat pendukung untuk menyederhanakan proses pencairan tunjangan profesi guru. Hal ini dilakukan agar Guru lebih terfokus pada tugasnya yaitu mengajar, sehingga tidak disibukkan pengurusan pemberkasan persyaratan pencairan tunjangan profesi.

"Untuk mendukung penyederhanaan itu, berkas yang pertama kali diajukan akan diberikan Surat Keputusan Analisa Kelayakan Penerima Tunjangan (SKAKPT). “Guru yang sudah mendapatkan SKAKPT, pada pencairan selanjutnya tinggal melampirkan surat itu saja,” terang Suyitno, Direktur GTK Madrasah, sebagaimana dikutip dari laman kemenag.go.id.

Dalam melengkapi SKAKPT dilakukan secara online pada laman SIMPATIKA dengan login terlebih dahulu menggunakan akun PADAMU/ SIMPATIKA masing-masing Guru.

Langkah-Langkah Edit SKAKPT

Untuk melakukan pengisian formulir SKAKPT, maka Guru terlebih dahulu login akun PTK pada laman simpatika.kemenag.go.id. Setelah berhasil login, akan muncul popup peringatan bahwa ada item data yang belum diisi, seperti gambar berikut 


Dari gambar diatas dapat kita lihat bahwa masa kerja golongan belum dilengkapi, selanjutnya klik EDIT SKAKPT.

Pada dasboard Edit SKAKPT, klik ikon pensil untuk mengedit data.

Sebelum melakukan edit data SKAKPT, pastikan terlebih dahulu Bapak//Ibu telah menscan dokumen dengan format Jpeg/Jpg berikut ini ;
  • SK Golongan Terakhir
  • Kartu NPWP
  • Buku Tabungan yang digunakan untuk menerima tunjangan profesi
Jika sudah di scan, lanjutkan dengan mengisi data pada kolom yang disediakan online, mulai dari masa kerja golongan sesuai yang tertera pada SK, NPWP, Nomor Rekening Bank, Nama Pada Buku Bank, Nama Bank, Nama Cabang Bank dilanjutkan dengan mengupload file scan yang sudah disiapkan sebelumnya.


Pastikan data yang diisi telah sesuai dengan file aslinya, silahkan klik Simpan Perubahan untuk menyimpan data.

Setelah mengudate data SKAKPT diatas, maka pencairan tunjangan profesi berikutnya cukup memantau SKMT dan SKBK pada akun Guru di SIMPATIKA. Dengan adanya layanan pemberkasan secara online, maka kedepannya untuk persyaratan administrasi pencairan tunjangan profesi guru secara manual kemungkinan bisa dihapuskan.