Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Input Nomor Peserta UKG Untuk Layanan Info GTK



Saat ini aplikasi dapodikdas terintegrasi dengan laman SIMPKB ( Sistem Informasi Manajemen Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan) sehingga PTK bisa mengecek data diri pada laman info PTK bila telah menginput nomor peserta Uji Kompetensi Guru (UKG) pada menu Nilai Test yang terdapat pada aplikasi Dapodikdasmen.

Bila nomor peserta UKG tidak di inputkan pada menu Nilai Tes yang terdapat pada aplikasi Dapodikdasmen, Bapak/Ibu tidak bisa melihat data layanan info GTK yang tersedia pada laman SIMPKB.


Bila masalah yang muncul seperti gambar diatas, itu pertanda nomor peserta UKG Bapak/Ibu belum di inputkan pada aplikasi Dapodikdasmen. Silahkan input nomor UKG pada aplikasi Dapodikdasmen dengan meminta bantuan Operator Sekolah yang menangani pendataan Dapodikdasmen pada Satuan Pendidikan Bapak/Ibu. Setelah nomor peserta UKG di input, butuh waktu minimal 1 minggu kedepan hingga data yang baru di syncron terintegrasi dengan layanan info GTK pada laman SIMPKB.


Nomor UKG tersebut akan digunakan sebagai acuan melihat data Info GTK pada SIMPKB (Sistem Informasi Manajemen Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan). Apabila dikosongkan maka guru belum dapat melakukan pengecekan data pada Layanan Info GTK yang terletak dalam laman SIMPKB, yang berkonsekuensi pada informasi layak-tidaknya memperoleh tunjangan profesi, sebagimana dikutip dari laman dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id.

Mengapa Perlu Menginput Nomor Peserta UKG di Aplikasi Dapodikdasmen ?

Berikut ini penjelasan Tim Dapodikdasmen yang di himpun Tendik Pedia dari laman Dapodikdasmen ;
  • Bertujuan untuk digunakan dalam proses integrasi SIMTUN dan SIMPKB.
  • Belum 100% guru yang memiliki NUPTK sehingga ada data yang tidak match antara SIMTUN dan SIMPKB.
  • Untuk memudahkan proses integrasi, dipandang perlu  jembatan 2 sistem tersebut, dibutuhkan nomor unik  yaitu nomor peserta UKG.
  • Nomor peserta UKG ini yg di ambil sebagai nomor unik untuk mengidentifikasi data individu antar 2 sistem khususnya bagi PTK-PTK yg tidak memiliki NUPTK.
  • Nilai UKG tidak wajib di input pada Aplikasi Dapodik. Apabila nilai UKG belum diketahui, untuk sementara dapat diisi dengan angka 0 (nol).
Demikianlah informasi terkait dengan penginputan nomor peserta UKG pada aplikasi Dapodikdasmen, semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Input Nomor Peserta UKG Untuk Layanan Info GTK"