Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pendaftaran Calon Sekolah Penerima NIHONGO Partners (NP)


Suatu hal yang menggembirakan bagi para pembelajar Bahasa Jepang di Indonesia jika dapat melatih percakapan Bahasa Jepang dengan seorang penutur asli (Native Speaker) Bahasa Jepang dan mendapatkan referensi budaya Jepang secara langsung dari orang Jepang. Dengan hadirnya Program NIHONGO Partners di Indonesia, hal ini sudah dapat dinikmati para siswa SMA dan SMK di Indonesia sejak bulan September 2014.

Program NIHONGO Partners (NP) adalah program yang mendukung pendidikan bahasa Jepang di negara-negara ASEAN dengan melaksanakan kegiatan pengenalan bahasa dan budaya Jepang di dalam maupun di luar kelas dengan sukarelawan dari Jepang yang berperan menjadi mitra percakapan, asisten dalam kegiatan belajar-mengajar maupun mitra bagi pengajar dan siswa pembelajar bahasa Jepang. Para sukarelawan NIHONGO Partners (NP) sendiri juga akan memperdalam dan mempelajari bahasa maupun budaya setempat, dengan tujuan menjadi jembatan bagi negara-negara ASEAN dan Jepang.

Para sukarelawan (NP) menjalani pelatihan pra-penempatan di Jepang selama kurang-lebih 4 minggu agar mampu berkegiatan dengan lancar di wilayah penempatannya. The Japan Foundation, Jakarta akan menyediakan tempat tinggal, menanggung biaya hidup, biaya aktivitas yang dilakukan oleh sukarelawan NP dan perlengkapan pendukung untuk kegiatan pengenalan budaya. Akan tetapi, pemilihan calon sukarelawan NP yang ditempatkan akan dilakukan oleh pihak The Japan Foundation, Jakarta dan sekolah tidak dapat memilih.

Tujuan Pembukaan Aplikasi

Dengan terbukanya kesempatan bagi semua sekolah di wilayah yang dijangkau oleh ProgramNIHONGO Partners untuk menunjukkan minatnya, maka sekolah manapun juga akan mendapatkan kesempatan untuk terpilih, sehingga dapat terwujud pemilihan sekolah yang adil.

Peranan Sekolah yang Terpilih
  • Memberikan dukungan terhadap kegiatan sukarelawan NP dalam menjadi asisten pengajar bahasa Jepang maupun memperkenalkan budaya Jepang di bawah Program NP sehingga dapat berjalan lancar. 
  • Setelah terpilih, guru bahasa Jepang wajib mengikuti seluruh rangkaian Orientasi dan Workshop yang diselenggarakan oleh The Japan Foundation,Jakarta
  • Kepala sekolah dan guru bahasa Jepang dari sekolah penerima sukarelawan NP akan diundang untuk menghadiri Upacara Penyambutan yang akan diselenggarakan di tiap-tiap daerah setelah kedatangan para sukarelawan NP.
  • Guru bahasa Jepang diharapkan dapat mendukung proses check-in para NIHONGO Partners ke akomodasi masing-masing dan juga membantu mendampingi ke rumah sakit apabila kesehatan sukarelawan NP memburuk.
Persyaratan Calon Sekolah Penerima Sukarelawan NP
  • SMA dan SMK yang berada di bawah kewenangan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan / Dinas Pendidikan Provinsi (tidak termasuk sekolah menengah atas yang berada di bawah kewenangan Kementerian Agama.)
  • Kepala sekolah, wakil kepala sekolah dan guru bahasa Jepang telah memahami dengan baik tujuan utama Program NP maupun peranan sukarelawan NP.
  • Untuk sekolah diluar wilayah Jabodetabek, lokasi sekolah dalam jarak tempuh 3 jam dengan mobil dari bandara terdekat dengan penerbangan langsung ke Jakarta atau pusat pemerintahan Ibu kota provinsi. 
  • Sekolah terletak di Kota maupun Kabupaten yang ditetapkan oleh The Japan Foundation, Jakarta.
  • Sekolah berencana meneruskan penyelenggaraan KBM Bahasa Jepang selama sekurang-kurangnya 3 tahun.
  • Ada pelajaran bahasa Jepang (baik sebagai intrakurikuler maupun ekstrakurikuler) dan jumlah jam pelajarannya mencukupi. Apabila jumlah jam pelajaran tidak mencukupi akan dipertimbangkan untuk digabung dengan sekolah lain (1 sukarelawan NP untuk 2 sekolah atau lebih).
  • Terdapat lingkungan serta metode transportasi yang memadai bagi sukarelawan NP.
  • Guru bahasa Jepang memiliki keinginan untuk meningkatkan kemampuan bahasa Jepang dan kemampuan mengajarnya. 
Keterangan terkait Penempatan (rencana)

Periode Penempatan :
- Gelombang 9 Grup 1: 23 Juli 2018 - 8 Maret 2019
- Gelombang 9 Grup 2: 6 Agustus 2018 -14 Maret 2019
- Gelombang 10 Grup 1: 10 September 2018 -21 Maret 2019
- Gelombang 10 Grup 2: 24 September 2018 -28 Maret 2019

Terdapat kemungkinan adanya perubahan periode penempatan dan sebagainya karena adanya tenggat waktu yang belum tentu sesuai dengan waktu penyelesaian proses visa dari Pemerintah RI maupun faktor lainnya

Wilayah Penempatan
Jabodetabek, Prov. Jawa Barat, Prov. Jawa Tengah, Daerah Istimewa Yogyakarta, Prov. Jawa Timur, Prov. Sumatera Utara, Prov. Sumatera Barat, Prov. Lampung, Prov. Bali, Prov. Nusa Tenggara Barat (Pulau Lombok), Prov. Sulawesi Utara, Prov. Sulawesi Selatan.

Untuk penjelasan wilayah lebih rinci, harap mengacu pada lampiran 1

Download dokumen terkait dengan Program NIHONGO Partners (NP)




sumberwww.jpf.or.id/id