Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tahapan Mendaftar Simulasi CAT BKN

simulasi cat bkn
Laman cat.bkn.go.id

CAT (Computer Assisted Test) merupakan alat bantu komputer yang digunakan untuk mendapatkan standart minimal kompetensi dasar bagi pelamar CPNS, seperti seleksi Kompetensi Dasar di Kemkumham dan MA tahun 2017 yang "menjaring" ribuan putra-putri terbaik Indonesia untuk menjadi abdi negara juga menggunakan sistem CAT-BKN.

Bagi peserta seleksi CPNS yang nantinya menggunakan sistem CAT BKN dan akan lebih siap serta memahami penggunaan CAT BKN pada saat mengikuti ujian secara online, Badan Kepegawaian Negara (BKN) telah menyediakan Simulasi CAT yang dapat diakses pada laman http://cat.bkn.go.id/. Simulasi CAT BKN sebagai bentuk upaya BKN untuk memberikan pemahaman/ sosialisasi kepada peserta seleksi CPNS tentang penggunaan CAT pada saat seleksi CPNS dilaksanakan.

Untuk bisa menggunakan Simulasi CAT BKN perlu dilakukan registrasi/ pendaftaran akun terlebih dahulu, berikut ini tahapan untuk daftar simulasi CAT BKN :

Sebelum masuk ke tahap registrasi simulasi CAT,  pastikan Anda telah memiliki email (Gmail, Yahoo, dll)

  • Login ke email Anda terlebih dahulu.
  • Pada peramban/ browser yang Anda gunakan, masukan alamat laman simulasi CAT di http://cat.bkn.go.id
  • Pilih menu drop down SIMULASI >> Daftar 
  • Isi identitas diri Anda kemudian klik tombol Verifikasi lalu klik Simpan

www.tendikpedia.com

  • Jika berhasil, muncul popup notifikasi "Pendaftaran sukses dilakukan............"


www.tendikpedia.com
  • Pada tahap ini, Anda telah berhasil melakukan pendaftaran akun Simulasi CAT BKN namun belum di aktivasi, maka lakukan akftivasi terlebih dahulu dengan mengklik tombol AKTIVASI AKUN

soal tes cpns 2017

  • Salin/ copy kode aktivasi yang terdapat pada kotak masuk email Anda (kode aktivasi terdiri dari 10 digit angka) lalu klik OK




  • Bila akun Anda sudah diverifikasi, maka Anda dapat memulai simulasi CAT dengan mengklik tombol MULAI SIMULASI. Pada tahap ini, proses pendaftaran Simulasi CAT telah selesai. Untuk memulai simulasi ujian dengan CAT, klik MULAI UJIAN



  • Silahkan jawab pertanyaan/soal yang muncul, klik SIMPAN DAN LANJUTKAN untuk menyimpan pilihan jawaban Anda dan melanjutkan ke pertanyaan berikutnya. Klik LEWATKAN SOAL INI bila ingin melanjutkan ke pertanyaan sebelumnya tanpa menjawab.



Demikianlah tahapan demi tahapan untuk mendaftar simulasi CAT BKN sebagai bahan persiapan dan latihan untuk mengikuti seleksi calon pegawai negeri sipil yang sebenarnya. Jangan mudah tergiur dan percaya dengan para calo maupun oknum-oknum yang mengatasnamakan BKN maupun pejabat lain dengan iming-iming bisa diterima sebagai calon pegawai negeri sipil (CPNS).