Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Instrumen Pemetaan Mutu Pendidikan Dasar Menengah

pemetaan mutu pendidikan

Sesuai dengan Surat Edaran (SE) nomor 09/D/PD/2017 tentang Pemetaan Mutu Pendidikan yang ditujukan kepada Kepala Dinas Pendidikan Provinsi dan Kepala Dinas Kabupaten/ Kota seluruh Indonesia (unduh surat di SINI) di sebutkan bahwa :
  1. Sekolah wajib melengkapi data instrumen pemetaan mutu sesuai kondisi sekolah yang sebenarnya melalui aplikasi Pemetaan Mutu Pendidikan versi 2.00 dan aplikasi Dapodik versi 2017 atau yang terbaru dalam rangka memetakan mutu pendidikan.
  2. Kepala sekolah, guru, siswa dan komite sekolah merupakan pihak-pihak yang mewakili sekolah untuk mengisi data pemetaan mutu. Pengawas pembina sekolah mengisi data melalui aplikasi di masing-masing sekolah binaannya sebagai bentuk verifikasi atas isian sekolah.
  3. Aplikasi, instrumen dan panduan dapat diunduh di laman pmp.dikdasmen.kemdikbud.go.id dan dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id
  4. Pengiriman data pemetaan mutu tahun ajaran 2017/2018 dilakukan mulai tanggal 15 Juli 2017 sampai dengan 30 September 2017.
  5. Hasil pemetaan mutu sekolah tahun ajaran 2016/2017 dapat diakses melalui laman pmp.dikdasmen.kemdikbud.go.id menggunakan akun Dapodik yang dimiliki oleh dinas pendidikan dan sekolah. Informasi lebih lanjut mengenai hasil pemetaan tersebut dapat menghubungi LPMP di wilayah masing-masing.
  6. Pemetaan mutu pendidikan merupakan bagian dari program kerja penjaminan mutu pendidikan yang dikawal oleh LPMP. Dinas pendidikan, sekolah dan LPMP harus saling berkoordinasi dalam melaksanakan kegiatan-kegiatan penjaminan mutu pendidikan.
  7. Rekomendasi hasil pemetaan mutu, harus senantiasa dilakukan perbaikan oleh pemerintah daerah sesuai dengan kewenangannya.
Dengan demikian, untuk mendukung proses pemetaan mutu pendidikan yang mengintegrasikan seluruh data dan informasi tentang mutu pendidikan sesuai dengan Standar Nasional Pendidikan, maka Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) menyusun Instrumen pemetaan mutu pendidikan dasar dan menengah dengan mengacu delapan komponen standar nasional pendidikan. Instrumen pemetaan mutu pendidikan terdiri dari 4 (empat) jenjang pendidikan dasar dan menengah (SD, SMP, SMA dan SMK).

Instrumen Pemetaan Mutu Tingkat Sekolah Dasar terdiri atas panduan umum, kuesioner pemetaan, petunjuk teknis pengisian kuesioner pemetaan, formulir data pokok pendidikan dan rapor peta mutu pendidikan. Kelima dokumen ini merupakan satu kesatuan yang tidak terpisahkan. Oleh karena itu, diharapkan kepada seluruh pihak yang berkepentingan dalam pemetaan mutu pendidikan dasar dan menengah untuk mempelajari dan memahami perangkat instrumen ini.

Unduh instrumen Pemetaan Mutu Pendidikan (PMP) dengan mengklik tautan dibawah ini :
*Intrumen PMP  di unduh oleh tendikpedia.com dari laman pmp.dikdasmen.kemdikbud.go.id