Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Buku Manual PKB Kepala Sekolah/ Madrasah Moda Online


PKB KS/M moda Online merupakan salah satu cara penyampaian PKB KS/M selain moda langsung dan moda KKMK. PKB KS/M moda online merupakan rangkaian kegiatan dalam PKB KS/M yang dirancang sedemikian sehingga dapat memfasilitasi peningkatan pengetahuan sikap, keterampilan, dan kinerja profesional KS/M untuk dapat meningkatkan kualitas pengelolaan sekolah/madrasah yang dipimpinnya.

PKB KS/M merupakan salah satu program dari empat program yang didanai melalui dana hibah dari Pemerintah Australia melalui program Kemitraan Pendidikan antara Pemerintah Indonesia dengan Pemerintah Australia (Australia’s Education Partnership with Indonesia/AEPI).

Buku Manual PKB KS/M Moda Online bagi Pengampu dan Administrator disusun sebagai pegangan bagi pengampu dalam melaksanakan dan menjamin serta meningkatkan mutu program PKB KS/M moda online. Buku manual ini memuat penjelasan secara detail tentang pelaksanaan kegiatan-kegiatan dalam PKB KS/M moda online sesuai dengan petunjuk pelaksanaan PKB secara umum.


Terdapat beberapa informasi berkenaan dengan kegiatan PKB KS/M Online yang disajikan dalam block/kotak/area tertentu dengan tombol “Baca Selengkapnya” apabila pengunjung ingin membaca informasi lebih lanjut. Pada bagian bawah terdapat kotak “Courses/Kursus” yang bersisi nama courses/kursus (kursus-kursus) yang dapat dikuti oleh peserta.

Tautan “PBK KS/M Online” merupakan tautan diklatyang disediakan untuk mengikuti kegiatan PKB KS/M Online, di dalam tautan ini terdapat nama BPU PKB KS/M Online diantaranya:
1. Supervisi Akademik,
2. Rencana Kerja Jangka Menengah dan Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah,
3. Pengelolaan Kurikulum,
4. Pengelolaan Keuangan,
5. Penerimaan Peserta Didik Baru,
6. Pengelolaan Sarana dan Prasarana,
7. Pengelolaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan,
8. Mentoring dan
9. Coaching.

Pengguna PKB KS/M Online dikelompokkan dalam beberapa jenis pengguna dengan hak yang berbeda, yang terdiri dari peserta (kepala Sekolah), pengawas, pengampu (widyaiswara dan/atau Pengembang Teknologi Pembelajaran (PTP) atau instruktur yang ditunjuk oleh instansi pelaksana yang bertugas sebagai fasilitator di dalam pembelajaran online), dan admin LMS. Setiap pengguna harus terdaftar di PADAMU dan telah diaktifasi oleh admin institusi penyelenggara untuk dapat mengakses PKB KS/M Online.

Silahkan Unduh Buku Manual PKB Kepala Sekolah/ Madrasah (KS/M) Moda Online di SINI

Kepala sekolah/madrasah (KS/M) memiliki peran yang sangat strategis dalam peningkatan kualitas pendidikan terutama berkaitan dengan upaya pengembangan sekolah/madrasah. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional (Permendiknas) Nomor 13 Tahun 2007 tentang Standar KS/M menetapkan dimensi kompetensi yang harus dimiliki oleh KS/M dalam menjalankan tugas dan fungsinya (tusi). Tusi KS/M agar dapat dijalankan dengan baik, maka kompetensi KS/M harus senantiasa ditingkatkan. Peningkatan kompetensi KS/M dapat diperoleh melalui Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) yang berdasarkan arahan Dirjen GTK istilah PKB KS/M diubah menjadi KS/M Pembelajar. Permendiknas Nomor 28 Tahun 2010 menjelaskan bahwa KS/M harus melakukan pengembangan keprofesian secara berkelanjutan dan berbasis kebutuhan.