Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Beban Kerja Guru, Kepala Sekolah dan Pengawas Satuan Pendidikan



Guru adalah pendidik profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik pada pendidikan anak usia dini jalur pendidikan formal, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah. Dalam pasal 52 Peraturan Pemerintah nomor 19 tahun 2017 tentang Guru disebutkan kegiatan pokok Guru yang meliputi :
  • merencanakan pembelajaran atau pembimbingan
  • melaksanakan pembelajaran atau pembimbingan
  • menilai hasil pembelajaran atau pembimbingan
  • membimbing dan melatih peserta didik
  • melaksanakan tugas tambahan yang melekat pada pelaksanaan kegiatan pokok sesuai dengan beban kerja Guru.
Selain kegiatan pokok Guru, juga ada beban kerja Guru yang diatur oleh PP 19 tahun 2017 tentang Guru. Beban kerja Guru paling sedikit 24 jam tatap muka dan banyak 40 jam tatap muka dalam 1 (satu) minggu.

Sedangkan beban kerja bagi kepala satuan pendidikan (kepala sekolah) sepenuhnya untuk melaksanakan tugas manajerial, pengembangan kewirausahaan, dan supervisi kepada Guru dan tenaga kependidikan. Apabila dalam keadaan tertentu, selain melaksanakan tugas melaksanakan tugas manajerial, pengembangan kewirausahaan, dan supervisi kepada Guru dan tenaga kependidikan, kepala satuan pendidikan/ kepala sekolah dapat melaksanakan tugas pembelajaran atau pembimbingan untuk memenuhi kebutuhan Guru pada satuan pendidikan. 

Untuk pengawas satuan pendidikan, Beban kerja pengawas satuan pendidikan, pengawas mata pelajaran, atau pengawas kelompok mata pelajaran dalam melakukan tugas pengawasan, pembimbingan, dan pelatihan profesional Guru ekuivalen dengan paling sedikit 24 (dua puluh empat) jam pembelajaran tatap muka dalam 1 (satu) minggu.

Beban kerja Guru untuk melaksanakan pembelajaran paling sedikit 24 (dua puluh empat) jam tatap muka dan paling banyak 4O (empat puluh) jam tatap muka dalam 1 (satu) minggu tersebut merupakan bagian jam kerja dari jam kerja sebagai pegawai yang secara keseluruhan paling sedikit 37,5 (tiga puluh tujuh koma lima) jam kerja dalam 1 (satu) minggu.

Unduh Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2017 tentang Perubahan Atas Peraturan Pemerintah Nomor 74 Tahun 2008 Tentang Guru di SINI