Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Upload Dokumen Verval Calon Penerima NUPTK

upload dokumen verval ptk

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Pusat Data dan Statistik Pendidikan dan Kebudayaan (PDSPK) adalah salah satu Unit Kerja di bawah Sekretariat Jenderal, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) yang bertanggung jawab dalam pengelolaan data dan statistik pendidikan dan kebudayaan sesuai dengan pasal 798 pada Permendikbud No. 11 Tahun 2015 tentang Organisasi dan Tata Kerja Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan bahwa Pusat Data dan Statistik Pendidikan dan Kebudayaan (PDSPK) mempunyai tugas melaksanakan pengelolaan data dan statistik pendidikan dan kebudayaan.

Dalam melaksanakan pengelolaan data, PDSPK memiliki fungsi diantaranya melaksakan validasi dan integrasi data pendidikan dan kebudayaan seperti data sekolah, siswa, guru, kelas, dan ruang kelas, warisan budaya benda maupun tak benda. Untuk menjamin validitas data maka dibuat sistem informasi verifikasi dan validasi data diantaranya aplikasi Verifikasi dan Validasi data Guru dan Tenaga Kependidikan (Verval GTK).

Aplikasi Verval GTK ini melibatkan operator sekolah, operator daerah dan operator pusat serta dalam aplikasi ini selain untuk melakukan verifikasi dan validasi data GTK juga untuk memproses pengajuan, penerbitan maupun penonaktifan NUPTK untuk GTK Kemendikbud dan GTK Kemenag.

Dokumen yang diupload untuk pengajuan NUPTK bagi yang namanya tercantum pada menu Calon Penerima NUPTK laman situs VervalPTK yaitu :
  • Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  • SK Bupati/ Wali Kota/ Gubernur
  • Ijazah Setara SD
  • Ijazah Setara SMP
  • Ijazah Setara SMA/SMK
  • Ijazah Setara S1/D4
Seluruh dokumen tersebut di scan dengan format PDF

Pengajuan Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan (NUPTK) diberikan kepada pendidik dan tenaga kependidikan yang belum memiliki NUPTK.

Setelah proses upload dukumen pengajuan NUPTK, selanjutnya dilakukan verifikasi dan validasi oleh admin Dinas Pendidikan Kabupaten/ Kota/ Provinsi hingga admin PDSPK. NUPTK diberikan kepada pendidik dan tenaga kependidikan yang memenuhi syarat sebagaimana tersebut dalam surat Dirjen Guru dan Tenaga Kemdikbud.


Untuk memperoleh NUPTK bagi guru dan tenaga kependidikan baik sekolah formal maupun non-formal, maka pastikan data GTK yang di-input oleh operator sekolah harus lengkap, benar dan valid agar proses penerbitan NUPTK bagi GTK yang memenuhi persyaratan dan ketentuan yang dikeluarkan oleh Dirjen GTK dapat dilakukan dengan baik dan cepat.