Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Login Aplikasi Sidak BOP PAUD-Dikmas

Aplikasi Sidak BOP PAUD-DIKMAS

Aplikasi Sidak Pendidikan Anak Usia Dini (App Sidak) merupakan aplikasi berbasis web yang dikembangkan oleh Dirjen PAUD-DIKMAS Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Aplikasi Sidak PAUD-DIKMAS berfungsi untuk melakukan pelaporan penggunaan Dana Bantuan Operasional Pendidikan atau yang lebih dikenal dengan singkatan BOP-PAUD.

Untuk bisa menggunakan aplikasi Sidak PAUD-DIKMAS tersebut, diharuskan masuk/ login terlebih dahulu di alamat https://app.paud-dikmas.kemdikbud.go.id/sidak/ dengan menggunakan username dan password aplikasi Dapodik PAUD-Dikmas Kemdikbud.

login aplikasi dapodik paud

Pada aplikasi Sidak PAUD-DIKMAS memuat beberapa menu, yaitu :
  • Dasboard (halaman depan)
  • Formulir Realisasi dan Formulir Evaluasi
  • Laporan Realisasi dan Laporan Evaluasi
  • Menu Pengumuman
  • Menu Download
Sama halnya dengan pelaporan realisasi Bantuan Operasional Sekolah (BOS) jenjang Dikdasmen, aplikasi Sidak PAUD-DIKMAS merupakan bentuk pelaporan online berbasis web sesuai dengan jumlah dana yang diterima/ yang masuk ke rekening KB/TK/PAUD yang dihitung berdasarkan jumlah peserta didik ditiap satuan pendidikan.



Menurut informasi dari beberapa sumber, pelaporan pada aplikasi Sidak PAUD-DIKMAS dilakukan per triwulan (tiga bulan sekali) sesuai dengan realisasi penggunaan dan BOP setiap triwulannya.

Dalam menggunakan dana BOP PAUD-DIKMAS harus mengacu pada petunjuk teknis (Juknis BOP Tahun 2016) serta membuat laporan sesuai dengan format pada lampiran Juknis BOP PAUD Dikmas. 


Pemanfaatan dana BOP PAUD tepat sasaran dalam mendukung operasional penyelenggaraan PAUD secara efektif dan efisien serta pertanggungjawaban keuangan dana BOP PAUD dilaksanakan dengan tertib administrasi, transparan, akuntabel, tepat waktu, serta terhindar dari penyimpangan.