Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Online

Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi kelima

Saat ini masyarakat dapat mengakses KBBI Daring edisi ke V (lima) setelah Menteri Pendidikan dan Kabudayaan, Muhadjir Effendy meluncurkan Kamus Besar Bahasa Indonesia Daring (online) bertepatan dengan hari peringatan Sumpah Pemuda ke 88, tanggal 28 Oktober 2016 di Jakarta.

Laman Kamus Besar Bahasa Indonesia Daring di kembangkan dan di kelola oleh Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk memberi akses seluas-luasnya kepada masyarakat dalam pengembangan kosakata bahasa Indonesia.

Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi Kelima telah mengalami perbaikan dan perkembangan dari edisi sebelumnya. Selain jumlah lema dan makna yang bertambah sehingga mencapai 127.036, pengerjaan Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi Kelima mulai menggunakan aplikasi penyusunan kamus yang diberi nama KBBI Daring. 

Penggunaan aplikasi dalam edisi kelima ini memungkinkan penyusunan kamus menjadi lebih mudah dan cepat. Aplikasi ini selain dirancang sebagai mesin pencarian yang diperuntukkan bagi pengguna Kamus Besar Bahasa Indonesia, juga terintegrasi dengan pekerjaan menyusun dan menyunting kamus yang diperuntukkan bagi tim penyusun ini. Selain itu, dalam aplikasi ini pula tersedia fitur interaktif yang memungkinkan pengguna menyumbangkan kata baru, mengomentari entri kamus, dan bahkan mengoreksi entri tersebut. Fitur-fitur ini sengaja diciptakan untuk mengundang keterlibatan masyarakat dalam penggunaan dan penyusunan Kamus Besar Bahasa Indonesia.
Agar pemanfaatan Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi Kelima ini lebih luas untuk penggunaan fitur-fitur yang tersedia bagi pengguna, disarankan untuk mendaftar terlebih dahulu pada laman http://kbbi.kemdikbud.go.id/. Bagi pengguna yang terdaftar, memiliki tambahan fitur, antara lain : 
  • Pencarian entri berdasarkan huruf awal, popularitas entri, pencarian terakhir, kelas kata, ragam, bidang, dan bahasa
  • Tautan kata turunan, kata gabungan, peribahasa, dan idiom dari kata yang dicari
  • Pengusulan entri, makna, dan contoh baru dalam KBBI
  • Pengusulan perbaikan entri, makna, dan contoh dalam KBBI
  • Penambahan tautan makna pada hasil cari
  • Bantuan pencarian entri dengan frasa ketika membuat usulan
  • Akses melihat detail dan sejarah redaksi dari sebuah entri
  • Akses penelusuran makna
  • Tautan pencarian entri ke Google
Sedangkan bagi pengguna yang tidak terdaftar (pengguna umum) hanya dapat mengakses fitur Pencarian entri dalam KBBI dan Bantuan pencarian untuk entri tidak ditemukan


Terbitnya Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi Kelima ini merupakan realisasi dari semangat Sumpah Pemuda untuk menjadikan bahasa Indonesia sebagai bahasa modern yang dijunjung tinggi oleh segenap pendukungnya. Semoga kamus ini dapat menjadi sumbangan dalam pemartabatan bahasa negara dan memperkukuh jati diri bangsa.

Ketikan pada peramban/browser http://kbbi.kemdikbud.go.id/ untuk mengakses Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi Kelima. Nikmati kemudahan dalam menambah kosakata bahasa Indonesia dengan Kamus Besar Bahasa Indonesia Daring (online).

Bangga berbahasa Indonesia!


Referensi : kbbi.kemdikbud.go.id