Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cek Data Nomor Induk Siswa Nasional (NISN)

cara cek data nisn

Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) adalah, kode pengenal identitas siswa yang bersifat unik, standar dan berlaku sepanjang masa yang dapat membedakan satu siswa dengan siswa lainnya di seluruh sekolah Indonesia dan Sekolah Indonesia di Luar Negeri, Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) diberikan kepada setiap peserta didik yang bersekolah di satuan pendidikan yang memiliki NPSN dan terdaftar di Referensi Kemendikbud. 

Sistem pengelolaan NISN secara nasional oleh Pusat Data dan Statistik Pendidikan dan Kebudayaan (PDSPK) Kemendikbud yang merupakan bagian dari program Dapodik (Data Pokok Pendidikan) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

NISN sebagai indentitas siswa/ peserta didik, maka perlu dilakukan verifikasi untuk memastikan data NISN telah sesuai dengan data diri siswa yang sebenarnya. Pada satuan pendidikan/ sekolah,  selain bertugas mengimput data pada aplikasi dapodik, Operator Sekolah hendaknya secara berkala melakukan pengecekan data Satuan Pendidikan melalui vervalsp.kemdikbud.go.id, data Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PTK) melalui vevalptk.kemdikbud.go.id dan data siswa/ peserta didik melalui vevalpd.kemdikbud.go.id.

Salah satu laman yang disediakan oleh PDSPK Kemdibud untuk mengecek data siswa/ peserta didik terkait NISN dapat dilakukan di alamat http://nisn.data.kemdikbud.go.id/. Berikut tahapan pengecekan data NISN siswa/ peserta didik :

  • Buka peramban (chrome/mozilla) dan ketikan pada kolom pencarian link http://nisn.data.kemdikbud.go.id/
  • Kili pada menu "Data Siswa"
  • Terdapat dua pilihan untuk mengecek data, pencarian berdasarkan NISN dan pencarian berdasarkan nama
  • Untuk pencarian berdasarkan NISN, maka dengan cara memasukan NISN yang. Sedangkan untuk pilihan pencarian berdasarkan nama, maka perlu mengisi nama siswa/ peserta didik, tempat lahir dan tanggal lahir. Lalu klik "Cari"
Pencarian Berdasarkan NISN

Pencarian Berdasarkan Nama
  • Setelah melakukan pencarian dengan menggunakan kedua pilihan diatas dan data yang di masukan sudah sesuai, maka akan muncul data siswa/ peserta didik.

*Bila terdapat data siswa/ peserta didik yang tidak sesuai/ salah, lakukan perbaikan pada aplikasi dapodik dan sinkronkan. Selain itu, untuk perbaikan data siswa dapat juga dilakukan pada laman vervalpd.kemdikbud.go.id.

Fasilitas cek data NISN pada laman nisn.data.kemdikbud.go.id dapat diakses oleh masyarakat, sedangkan pada laman vervalpd.kemdikbud.go.id bisa dilakukan oleh operator sekolah maupun admin dinas pendidikan.