Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Surat Masal/ Mailing Merge pada Microsoft Word

Membuat surat masal/ mail merge

Teknologi berperan penting dalam menunjang pekerjaan manusia, tak terkecuali pekerjaan yang berkaitan dengan dokumen surat menyurat. Ada banyak jenis surat menyurat yang dibuat menggunakan komputer/ laptop, baik dalam bentuk format word, excel maupun powerpoint.


Kali ini tendikpedia menuliskan tips/ atau cara membuat surat masal (mail merge) dengan menghubungkan data pada file excel ke file word. Hal ini mempermudah sekaligus mempersingkat waktu pengerjaan surat menyurat, tak terkecuali mempermudah pekerjaan Operator Sekolah di setiap satuan pendidikan.

  • Buka microsoft excel dan buat data sesuai dengan format pada gambar berikut atau dengan data lain yang diperlukan, kemudian save dan tutup microsoft excel.

Membuat surat masal/ mail merge

  • Buka microsoft word dan buat surat masal/ mail merge sesuai dengan format pada gambar berikut atau dengan data lain yang diperlukan, kemudian save.
Membuat surat masal/ mail merge

  • Pada surat masal word, klik tab "Mailings" kemudian "Select Recipients". Pada menu Select Recipients klik "Use Existing List".
  • Kemudian cari dan klik file data excel yang sebelumnya dibuat (kemungkinan file tersimpan di document), lalu klik "Open"
Membuat surat masal/ mail merge
  • Setelah mengklik "Open" maka muncul laman untuk memilih letak sheet file excel yang sudah dibuat sebelum, pilih sheets1$ dan klik "Oke"
  • Masih pada menu tab "Mailings". Pilih menu tab "Insert Merge Field" dan klik pada pilihan submenu serta sesuaikan dengan format surat masal word.
Insert Merge Field


  • Setetah tahapan diatas, maka selesai sudah membuat surat masal/ mailing merge. Untuk melihat hasinya (masih pada file surat masal word) pada tab Mailings, silahkan klik "Preview Rensults" dan kemudian tanda panah arah kiri dan kanan untuk data lainnya.

Demikian cara membuat surat masal/ mailing merge.